Baru 2 Hari Dibuka, ‘LAPOR PAK PURBAYA’ Terima 15.933 Aduan Masyarakat

“Lapor Pak Purbaya” Langsung Diserbu! 15.933 Aduan Masuk dalam 2 Hari 🚨

Program pengaduan masyarakat “Lapor Pak Purbaya” resmi dibuka pada 15 Oktober 2025 sebagai saluran bagi publik untuk melapor terkait layanan pajak dan bea cukai. Hanya dalam waktu dua hari, layanan melalui WhatsApp ini telah menerima 15.933 aduan.

Jumlah tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat yang besar terhadap upaya transparansi di bawah kepemimpinan Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa.

Purbaya menjelaskan, pembentukan kanal pengaduan ini merupakan langkah awal untuk mencegah praktik pungli, pemerasan, dan pelanggaran etika di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Bea Cukai.

Salah satu laporan yang masuk dan menjadi sorotan adalah pengaduan tentang pegawai Bea Cukai yang sering nongkrong di Starbucks dengan seragam dinas, sambil membicarakan urusan bisnis pribadi.

Menanggapi laporan tersebut, Purbaya menegaskan sikapnya yang tidak akan mentolerir perilaku tidak profesional di jajarannya. Ia bahkan menyatakan siap memecat pegawai yang masih mengabaikan etika publik.

Program Lapor Pak Purbaya diharapkan dapat menjadi langkah nyata menuju reformasi birokrasi dan peningkatan integritas aparatur negara.

[VIDEO]

Komentar