
Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa menolak permintaan agar sebagian utang proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dibebankan ke APBN.
- Proyek ini awalnya diperkirakan menelan biaya US$ 6,02 miliar. Dalam perjalanannya terjadi cost overrun atau pembengkakan menjadi US$ 7,22 miliar atau sekitar Rp 119 Triliun.
- Dengan bunga tahunan utang pokok 2% dan bunga untuk cost overrun 3,4% per tahun, KCIC harus membayar US$ 120,9 juta atau hampir Rp 2 triliun per tahun. Itu pun hanya untuk bunganya.
- Masalah kian pelik karena boro-boro untuk membayar utang, operasi KCIC saja masih merugi karena jumlah penumpangnya masih di bawah target.
- Target jumlah penumpang 31.000 per hari. Realisasi rata-rata 16.436 penumpang per hari.







Komentar