FAKTA Kereta Cepat Warisan Jokowi: Bukan Cetak UANG, Tapi Cetak UTANG

Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa menolak permintaan agar sebagian utang proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dibebankan ke APBN.

  • Proyek ini awalnya diperkirakan menelan biaya US$ 6,02 miliar. Dalam perjalanannya terjadi cost overrun atau pembengkakan menjadi US$ 7,22 miliar atau sekitar Rp 119 Triliun.
  • Dengan bunga tahunan utang pokok 2% dan bunga untuk cost overrun 3,4% per tahun, KCIC harus membayar US$ 120,9 juta atau hampir Rp 2 triliun per tahun. Itu pun hanya untuk bunganya.
  • Masalah kian pelik karena boro-boro untuk membayar utang, operasi KCIC saja masih merugi karena jumlah penumpangnya masih di bawah target.
  • Target jumlah penumpang 31.000 per hari. Realisasi rata-rata 16.436 penumpang per hari.

Komentar