Tere Liye: Fans Bola King Indo, Kalian Jangan Lebay Nyinyirin Malaysia, Jutaan WNI Nebeng Nyari Makan di Negeri Jiran

Numpang Nyari Makan

By TERE LIYE

Dengan meningkatnya kualitas Timnas Indonesia, ada efek jelek yang susah sekali dikendalikan. Apa itu? Sebagian fans Indonesia jadi songong. Dan lebih-lebih songong ke negara tetangga, seperti ke Timnas Malaysia, Thailand, Vietnam. Medsos dipenuhi postingan, komen-komen songong ini. Juga kolom-kolom berita, berserakan caci maki. 

Jadi, lewat tulisan ini, saya mau ngasih tahu, tolong jangan lebay. Jangan sampai menghina, mencaci, semua kalimat kotor keluar. 

Karena ketahuilah, ada 1,6 juta penduduk Indonesia yang nyari makan di negara Malaysia hari ini. Itu baru jumlah yg reguler. Diperkirakan ada 2,7 juta total jika menghitung yang jalur non reguler. 

Kamu bisa tidak membayangkan 2,7 juta orang ini? Buanyaaaak. Dan akan terus semakin banyak jika situasi ekonomi Indonesia begini-begini saja. Artinya, besok lusa, kalian mungkin akan nyari kerjaan di sana juga. Kan nggak lucu, anak-anak SMP, SMA, kuliahan, fans bola Indonesia hari ini nyinyirnya bukan main ke Malaysia, eh, beberapa tahun kemudian kerja di sana, jadi buruh perkebunan kelapa sawit, jadi buruh kasar di pabrik-pabrik, dsbgnya.

Jadi, jangan lebay. Buat lucu-lucuan, sesekali, boleh-boleh saja bahas Timnas negara lain. Tapi jangan sampai menghina, mencaci, bawa-bawa hal yg tdk ada hubungannya. Jadilah fans bola yang dewasa dikit. Hari ini elu hina2 negara orang, besok2 ternyata membungkuk2 nyari pekerjaan di sana, kan nggak lucu.

Dan dukung Timnas Indonesia baik dalam menang maupun kalah. Bukan cuma menang doang rame, kalah kamu caci maki. Kita itu, duuuh, beberapa bulan teakhir serasa kayak sudah juara piala dunia saja lebaynya. Ayolah, bahkan Timnas Pusat yg pemainnya jelas berkali lebih bagus nggak pernah juara Pildun. Cukuplah ekspektasi itu, kita bisa meladeni tim2 besar di Asia, kalau ternyata lolos Piala Dunia, alhamdulillah. Sambil nabung, biar bisa nonton langsung di AS/Kanada/Meksiko nanti.

Jangan jadi fans bola yang sudahlah prasejahtera, itu mulut/jarinya bukan main songongnya, suka tawuran, bawa2 sajam. 

(fb)
Baca juga :