Sekilas Perjalanan Hidup Yahya Sinwar

[PORTAL-ISLAM.ID]  GAZA - Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, dilaporkan syahid pada Rabu (16 Oktober 2024) dalam pertempuran dengan tentara Israel di Rafah, Gaza utara.

Yahya Sinwar adalah orang yang paling dicari Israel (most wanted).

Sinwar lahir di kamp pengungsi Khan Younis, di Gaza selatan, pada 29 Oktober 1962.

Orang tuanya diusir paksa oleh Israel dari rumah mereka di Askhelon pada tahun 1948 selama peristiwa Nakba, ketika 750.000 warga Palestina diusir dari rumah dan tanah mereka oleh penjajah Israel.

Dia mengambil jurusan studi Arab di Universitas Islam Gaza - tempat dia pertama kali tertarik pada politik dan aktivisme mahasiswa.

Di universitas itulah, pada tahun 1982, dia ditangkap untuk pertama kalinya oleh otoritas Israel karena terlibat dalam aktivisme anti-pendudukan.

Dia ditangkap lagi tiga tahun kemudian, dan kemudian bertemu Ahmed Yassin, yang kemudian mendirikan Hamas. Yassin membawa Sinwar ke lingkaran dalamnya.

Sinwar kemudian mendirikan Munazzamat al-Jihad w'al-Dawa, atau Majd, yang dibentuk untuk memburu dan melenyapkan mata-mata Palestina dengan Israel. Itu menjadi aparat keamanan pertama Hamas yang baru dibentuk.

Pada tahun 1988, ia kembali ditangkap oleh pasukan Israel dan kali ini dijatuhi hukuman empat kali seumur hidup - setara dengan 426 tahun penjara.

Ia dituduh terlibat dalam penangkapan dan kematian dua tentara Israel dan empat tersangka mata-mata Palestina. Maka dimulailah masa hukumannya selama 23 tahun di penjara Israel.

Selama ditawan, ia belajar bahasa Ibrani, sering membaca surat kabar Israel, dan mendalami politik dan budaya Israel. Ia mengatakan hal itu membantunya lebih memahami musuhnya.

Ia juga menulis novel berjudul The Thorn and the Carnation, yang terinspirasi dari pengalaman hidupnya sendiri saat tumbuh besar di Gaza.

Pada tahun 2011, Benjamin Netanyahu, perdana menteri Israel, menyetujui kesepakatan yang membebaskan 1.047 tahanan Palestina dengan imbalan Gilad Shalit - seorang tentara Israel yang telah diculik Hamas pada tahun 2006.

Sinwar adalah salah satu tahanan paling terkemuka yang dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan itu.

Naik ke puncak Hamas

Ia dengan cepat naik pangkat di Hamas setelah dibebaskan, dan dalam waktu satu tahun terpilih menjadi biro politiknya.

Secara khusus, ia ditugaskan untuk berkoordinasi dengan Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas.

Sinwar sangat terlibat, baik secara politik maupun militer, dalam upaya Hamas selama perang tujuh minggu dengan Israel pada musim panas tahun 2014. Beberapa bulan setelah perang itu, Amerika Serikat menambahkan Sinwar ke dalam daftar yang melabelinya sebagai "teroris global".

Pada tahun 2017, ia menjadi kepala Hamas di Gaza - peran yang dipegangnya hingga beberapa bulan lalu.

Pada tahun 2017 juga, ia mempelopori pembicaraan rekonsiliasi Hamas dengan Fatah dan Otoritas Palestina (PA) di bawah pengawasan Mesir, yang dengannya ia menjaga hubungan keamanan yang erat.

"[Sinwar] adalah pendukung kuat persatuan Palestina," kata Bassem Naim, seorang pejabat Hamas, kepada Middle East Eye awal tahun ini.

Taktiknya mencakup tindakan tanpa kekerasan dan bersenjata.

Pada tahun 2018, ia memainkan peran utama dalam mengorganisasi protes damai "Great March of Return", yang menuntut diakhirinya pengepungan di Gaza dan hak untuk kembali bagi para pengungsi. Aksi tersebut ditindak secara brutal oleh pasukan Israel, yang menewaskan 230 pengunjuk rasa.

Ia juga mempelopori Operasi Pedang Yerusalem, nama Hamas untuk operasinya sebagai respons atas pemboman Israel di Gaza antara tanggal 6 dan 21 Mei 2021.

Kemudian yang paling utama, Sinwar dianggap sebagai arsitek Operasi Banjir Al-Aqsa, nama kelompok Palestina untuk serangannya pada tanggal 7 Oktober 2023.

Serangan mendadak di Israel selatan menewaskan lebih dari 1.100 orang dan menangkap 250 orang lainnya yang dibawa ke Gaza.

Pasukan Israel sejak itu telah membunuh lebih dari 42.000 warga Palestina - sebagian besar wanita dan anak-anak.

Sepanjang perang, Sinwar tidak terlihat di depan umum. Ia diyakini berada di terowongan jauh di bawah Jalur Gaza.

Beberapa tawanan Israel yang kemudian dibebaskan mengatakan bahwa mereka melihat atau berbicara dengan Sinwar di terowongan tersebut.

Pada bulan Agustus, seminggu setelah pembunuhan kepala politik Hamas saat itu, Haniyeh, oleh Israel, Sinwar dipilih sebagai penggantinya.

Itu adalah langkah yang mengejutkan dan berani - banyak yang memperkirakan Khaled Meshaal, yang berkantor pusat di Doha, akan mengambil peran yang sebelumnya dipegangnya.

"Dengan menyatukan kepemimpinan militer dan politik dalam satu orang, dan sekuat Sinwar, Hamas mengirimkan pesan persatuan dan ketahanan," kata Khaled Hroub, peneliti dan pakar Hamas, kepada MEE saat itu.

Langkah tersebut menunjukkan bahwa para pemimpin Hamas yang berkantor pusat di Gaza, di bawah kepemimpinan Sinwar, terus tumbuh dalam peran penting dalam organisasi tersebut, sementara mereka yang berkantor pusat di Doha dan luar negeri agak terpinggirkan.

Kenaikan jabatannya juga menunjukkan pentingnya hubungan Hamas dengan Iran.

Sinwar memiliki hubungan dekat dengan Teheran, tidak seperti Meshaal, yang hubungannya dengan Iran menjadi tegang setelah ia menjauhkan diri dari pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah setelah pecahnya perang saudara Suriah.

(Sumber: MEE)
Baca juga :