Ohhh ini yang dibocorin TEMPO, valid ternyata

[PORTAL-ISLAM.ID]  Berita CNN Indonesia berjudul "Dana Desa ala Jokowi, Basmi Kemiskinan hingga Lahirkan Desa Mandiri" langsung dikomentari netizen sebagai bukti apa yang sebelumnya disampaikan TEMPO ternyata valid.

Netizen pun langsung ngeledek "cair... cair... cair...".

Sebelumnya TEMPO mengungkap "Jika Anda terpapar konten media sosial, pidato menteri, atau berita media massa yang memuji-muji program dan kebijakan Jokowi, Anda mungkin sedang mengonsumsi propaganda."

Majalah TEMPO terbaru secara khusus menyoroti OPERASI MEMOLES CITRA JOKOWI. Salah satunya kerja sama Kemenkominfo dengan sejumlah media massa untuk memberitakan pencapaian Jokowi dengan kontrak milyaran.

TEMPO juga ditawari kontrak milyaran untuk memoles citra Jokowi, tapi TEMPO menolak.

"Tempo juga mendapat tawaran kontrak miliaran rupiah dari Kementerian Komunikasi. Namun tawaran itu ditolak karena melanggar kode etik. Seharusnya ada garis api atau pembatasan yang tegas antara iklan dan berita.

Meski demikian, sejumlah media menerima tawaran tersebut. Seorang petinggi asosiasi media bercerita, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Prabu Revolusi mengawasi media massa yang mendapat kontrak. Narasumber yang sama bercerita, Prabu mengingatkan media yang meneken kontrak untuk tak membuat berita miring tentang Jokowi," demikian tulis Majalah TEMPO (13/10/2024).

TEMPO menyebut kontrak Kementerian Komunikasi dengan media massa itu bentuknya berita, bukan iklan. 

Kementerian itu meneken kontrak kerja sama pemberitaan dengan banyak media. Nilainya bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Syaratnya, media memuat konten keberhasilan pemerintah sebagai berita, bukan advertorial atau iklan. 

“Saya enggak mau bentuknya iklan,” ucap Menkominfo Budi Arie, dilansir TEMPO.

Menurut Budi Arie, media massa bisa memilih sendiri capaian pemerintahan Jokowi yang akan diberitakan. Kementerian Komunikasi tak mengatur konten yang harus diberitakan. 

Budi Arie pun mengklaim ada banyak capaian Jokowi selama sepuluh tahun berkuasa yang bisa diberitakan. “Mereka mau tulis dari sisi mana saja enggak kami atur. Masak, enggak ada yang bagus dari Jokowi?” kata Budi Arie.

NAH... berita model CNN Indonesia dengan judul  "Dana Desa ala Jokowi, Basmi Kemiskinan hingga Lahirkan Desa Mandiri" sontak oleh netizen langsung dikaitkan dengan apa yang sebelumnya diungkap TEMPO.

👇👇
Baca juga :