LOON: SOHIB P DIDDY YANG KINI JADI DAI

LOON: SOHIB P DIDDY YANG KINI JADI DAI

Loon, atau yang memiliki nama asli Chauncey Lamont Hawkins, adalah seorang rapper yang dikenal luas di awal tahun 2000-an. Lahir di tahun 1975 di Harlem, New York, namanya melejit saat bergabung dengan Bad Boy Records, label rekaman milik rapper dan produser ternama, Sean "P Diddy" Combs. Loon berkontribusi dalam berbagai lagu hit saat itu, yang membawanya dikenal di industri musik.

Namun, di balik gemerlap dunia hiburan, Loon merasakan kehampaan spiritual. Popularitas tidak mampu mendatangkan ketenangan dalam kehidupannya. Paska kolaborasi dengan Diddy selama beberapa tahun, Loon memutuskan untuk meninggalkan dunia musik. 

Perubahan besar dalam hidupnya terjadi pada 2008, ketika ia memeluk Islam. Setelah menjadi seorang muslim, Loon mengganti namanya menjadi Amir Junaid Muhadith dan mulai menjalani kehidupan yang lebih Islami.

MASUK PENJARA

Setelah beberapa tahun menjalani kehidupan sebagai Muslim yang taat, Loon dihadapkan pada cobaan besar. Pada tahun 2011, Loon ditangkap di Brussels kemudian diekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan terlibat peredaran heroin. 

Penangkapan ini dilakukan berdasarkan penyelidikan terhadap kasus yang terjadi di tahun 2006, sebelum ia memeluk Islam. Loon membantah keterlibatannya dalam kejahatan tersebut, namun pengadilan memutuskan bahwa ia harus menjalani hukuman penjara. 

BERKAH DI BALIK COVID

Loon divonis 14 tahun penjara, namun hukuman itu dia jalani hanya selama 8 tahun. Loon dibebaskan lebih awal pada Juli 2020, setelah menjalani sekitar 8 tahun penjara. 

Pembebasannya dipercepat karena pandemi COVID-19. Pada saat itu, ada kekhawatiran tentang penyebaran virus di lingkungan penjara, dan banyak tahanan yang berisiko lebih tinggi dibebaskan lebih awal sebagai langkah pencegahan. 

MENJADI DAI

Pasca kebebasannya, Loon aktif dalam kegiatan dakwah. Ia sering diundang untuk berbicara di berbagai masjid dan komunitas Muslim di seluruh dunia terutama generasi muda, berbagi kisah hidupnya tentang bagaimana ia menemukan Islam dan bagaimana agama ini telah mengubah hidupnya. 

Transformasi Loon dari seorang rapper yang berada di puncak popularitas menjadi seorang dai tentu tidak lepas dari hidayah Allah kemudian diikuti dengan tekad yang kuat untuk benar-benar berubah untuk kebaikan.

Allah ta’ala berfirman,

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَاۗ

"Orang-orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami." (Al Ankabut: 69)

BTW, kalau Loon yang dulunya punya circle para selebriti dunia papan atas saja bisa berislam dengan baik, kenapa Anda tidak? Berhijrahlah sekarang, sebelum kematian itu datang. Don't be afraid to take a stand.

Jogja, 15 Oktober 2024.

Akhukum, 

(Ustadz Wira Bachrun)


Baca juga :