Jurnalis Samuel Mena bakar diri di depan Gedung Putih, Washington, dalam aksi Pro Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID]  WASHINGTON - Seorang jurnalis mencoba membakar diri di luar Gedung Putih selama unjuk rasa Pro-Palestina, Sabtu (5 Oktober 2024).

Samuel Mena Jr. terlihat mencoba membakar dirinya sendiri di Taman Lafayette, tempat sejumlah besar pengunjuk rasa berkumpul pada hari Sabtu.

Foto-foto yang diambil di tempat kejadian oleh Gedung Putih menangkap momen mengerikan saat lengan Mena terbakar.

Dalam foto-foto tersebut, petugas polisi terlihat mendekat dengan hati-hati saat upaya dilakukan untuk membantunya. Tak lama setelah Mena membakar lengannya, orang-orang yang ada di sekitar bergegas menyiramnya dengan air untuk memadamkan api.

Sebuah video yang direkam setelah api padam memperlihatkan Mena berdiri di tengah kerumunan polisi.

Lengannya memutih dan tampak terbakar parah.

Wartawan itu terlihat melambaikan lengannya yang terbakar ke udara sambil menahan sakit. Dalam gambar, petugas polisi dengan hati-hati mendekati Mena
Menjelang akhir video, yang direkam oleh Jessica Costescu, seorang pengamat bergegas menghampiri Mena dan menyiramkan air ke lengannya yang terbakar.

Sesaat kemudian, seorang polisi mendorongnya dan berteriak, "Mundur!"

Mena mengaku sebagai lulusan Sekolah Jurnalisme Walter Cronkite di Universitas Negeri Arizona.

Ia menggambarkan dirinya sebagai spesialis produksi yang saat ini 'bekerja sebagai Jurnalis Foto untuk AZFamily Channels 3 dan 5.'

Profil di X dirinya sedang tersenyum di depan Bendera Palestina dengan kata-kata 'from the river to the sea' yang merupakan simbol negara Palestina.

Sebelum unjuk rasa pada hari Sabtu, ia mengunggah bahwa ia akan 'melakukan streaming langsung dari bagian luar Gedung Putih di Instagram.'

Dalam unggahan lain pada hari yang sama, ia menulis: 'Akhiri kolonialisme pemukim.'

[Video]
Baca juga :