‘Israel’ Klaim Tewaskan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, Belum Ada Pernyataan Resmi dari Hamas

[PORTAL-ISLAM.ID]  GAZA — Pasukan Israel mengklaim telah menewaskan pemimpin kelompok perlawanan Palestina Hamas, Yahya Sinwar. Mereka menemukan jasad seorang pria yang diduga kuat sebagai Yahya Sinwar akibat serangan tank di Jalur Gaza, Palestina.

Dilansir CNN dan Reuters (17/10/2024), dua sumber Israel yang mengetahui masalah tersebut menyebut pasukan infanteri Israel bertemu dengan tiga pejuang di dekat sebuah gedung di Gaza dan menyerang mereka.

Stasiun radio yang didanai dan dioperasikan oleh Pasukan Pertahanan Israel itu menyebut militer Israel kemudian mendeteksi ‘pergerakan mencurigakan’ di lantai atas sebuah gedung pada Kamis dini hari. Pasukan Israel kemudian menembaki gedung tersebut dengan tank.

Setelah pertempuran berakhir, Radio Angkatan Darat Israel mengatakan sebuah pesawat nirawak memindai area serangan dan tentara mengenali wajah yang diduga Yahya Sinwar di antara reruntuhan. IDF sebelumnya telah mendeteksi ‘aktivitas tidak biasa’ di area tersebut sehingga ‘meningkatkan pemindaian dan tidak pergi’ sejak pekan lalu.

Militer dan dinas intelijen Israel kini berupaya mengidentifikasi apakah jasad itu memang Sinwar atau bukan. Mereka melalui analisis DNA Sinwar yang mereka ambil saat Sinwar ditahan di Israel.

Pemerintah Israel juga dilaporkan telah memberi tahu Amerika Serikat (AS) bahwa mereka sedang melakukan pengujian DNA untuk mengonfirmasi kematian Sinwar. Pemerintah Israel memiliki data biometrik Sinwar karena dia menghabiskan lebih dari dua dekade di penjara Israel atas tuduhan pembunuhan. 

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Hamas.

Kalaupun ternyata benar Yahya Sinwar syahid, maka itulah cita-cita tertingga para pejuang.

"Di dalam surga ada seratus tingkatan yang Allah siapkan untuk para mujahidin di jalan Allah. Di mana di antara tingkatannya itu seperti luas antara langit dan bumi." (HR. Bukhari)

Kematian indah di medan laga.

Bayangkan kesyahidan pemimpin tertinggi jihad, di medan perang terdepan, sama seperti anak buahnya yang selalu muncul dalam video, dengan jaket teruntai granat, pistol, dan senapan.

Dia bertempur dengan formasi 3 orang, lalu dengan penutup kepala, sama saja dengan mujahidin yang lain.

Tamparan keras bagi para pencela yang mengira dia ada di terowongan diam saja, atau mereka yang pengecut dan tak berani berjihad, maunya ceramah di masjid sejuk ber-AC sambil mengutuk Hamas.

*UPDATE

Israel merilis video penampakan saat-saat pertama ditemukannya jasad yang diklaim sebagai Pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Tampak pasukan Israel memotong jari telunjuknya untuk di tes DNA.

[VIDEO]
Baca juga :