Guru Yang Tersesat Karena Dikendalikan Wanita


Guru Yang Tersesat Karena Dikendalikan Wanita

إِنَّمَا يَلْبَسُ الْحَرِيرَ فِى الدُّنْيَا مَنْ لاَ خَلاَقَ لَهُ فِى الآخِرَةِ

"Barangsiapa yang memakai sutera di dunia, dia tidak mendapatkan bagiannya di akhirat."

Hadis diatas diriwayatkan Imam Bukhari, namun disana ada seorang rawi (perawi) yang jadi pembicaraan ulama yaitu Imron Bin Khiththan.

Imron Bin Khiththan sebelumnya adalah seorang ulama, ahli hadis dan penyair handal. Semasa hidup belajar ke beberapa sahabat Nabi, pun muridnya secamam Imam Qatadah, Muhammad bin Sirrin dll.

Namun kepintaran Imron menjadi tumpul saat mengenal seorang wanita cantik berpaham khawarij yang bernama Hamnah, niat awal yang tulus mendakwahinya, dan menikahi namun malah dia yang terpengaruh menjadi khawarij. Bahkan dia menggubah syair memuji-muji pembunuh Ali radhiallahu anhu, Abdurrahman bin Muljam la'natullah alaih.

Imron sendiri sebenarnya enggak cakep² banget tapi punya sisi keilmuan luar biasa, berbeda dengan Hamnah yang rupawan selebgram di zamannya. Maka wajarlah Hamnah butuh validasi untuk kelompoknya dengan mencari suami pintar.. jelek gpp yg penting punya pengaruh.

Syair terkenal dari Hamnah kepada Imron bin Khiththan;

"Aku dan kamu akan bersama di surga. Sebab, engkau memperoleh nikmat (beristri wanita cantik) & bersyukur, sementara aku diuji (bersuami buruk rupa) & bersabar."

Itulah sekelumit kisah Imron Bin Khiththan, seorang perawi hadits yang tersesat oleh wanita.

(Ustadz Minanurrohman)

Baca juga :