Apakah Hizbullah lebih kuat dari Hamas?

1. Apakah Hizbullah lebih kuat dari Hamas?

Sulit menjawabnya. Tapi, senjata lebih banyak dan canggih, tentara lebih banyak, dan menguasai sumber daya sehingga lebih kaya.

2. Bagaimana pengalaman tempur Hizbullah?

Kalau Hamas "hanya" berpengalaman melawan Israel dan selama 10 tahun hanya 2 kali bertempur di darat dengan pasukan darat, Hizbullah lebih punya pengalaman.

Sepanjang 10 tahun ini, Hizbullah melawan milisi sunni di Suriah, ISIS, Amerika Serikat, sampai tentara Turkiye yang dikirim Erdogan untuk mengawal kawasan Halab/Aleppo. Pengalaman tempur itu, terlepas dari tujuan ideologisnya, sangat berharga dan unggul dibanding Hamas.

3. Apa beda medan tempur Lebanon selatan dengan Gaza?

Pertama, Gaza itu terisolasi, sehingga wilayahnya sempit, tapi untungkan sniper dan mudah memasang jebakan. Tapi, sulit sembunyikan roket besar.

Di Lebanon Selatan, medannya jauh lebih luas, mungkin 20 kali lebih luas dari Gaza. Mulai dari pegunungan, pantai, tebing, sampai kota dan pedesaan. Pasukan Hizbullah tersebar di sana dan sulit dilacak. 

Hizbullah juga bisa menyebarkan senjata beratnya di kawasan luas itu, tanpa terkena blokade sehingga Suriah, Irak, dan Iran terutama bisa membantu mereka mengisi ulang senjata.

4. Siapa sekutu Hizbullah di luar faksi Palestina?

Kalau Hamas dibantu Fatah (Brigade Syuhada Al-Aqsha), Jihad Islam (Saraya Al-Quds) dan lain-lain, maka Hizbullah dibantu milisi Syiah di kawasan Syam. 

Di antaranya, Harakah Amal dari Lebanon, Harakah An-Nujaba dari Irak, Brigade Hizbullah Irak, Brigade Sayyidus Syuhada di Irak, dan kekuatan sunni yaitu Pasukan Fajar milik Ikhwanul Muslimin Lebanon yang dulu sebenarnya pernah bermusuhan karena konflik Suriah, tapi segera berdamai demi hadapi Israel.

Nama-nama di atas yang sudah ada rilisnya menyerang Israel ya. Selain itu sangat mungkin join war tapi belum official.

(Risalah Amar)
Baca juga :