Anies Baswedan Diundang Hadiri Pelantikan Prabowo 20 Oktober

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Mantan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan bakal menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pelantikan itu bakal digelar di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

“Insya Allah akan datang,” ujar juru bicara Anies, Sahrin Bamid dihubungi Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Ia mengungkapkan, Anies sudah menerima surat undangan dari MPR RI yang ditandatangani oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Sahrin menyampaikan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin menjunjung tinggi semangat persatuan.

Salah satu caranya, adalah dengan menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran yang menjadi pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Apalagi, upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI adalah proses pergantian kepemimpinan bangsa. Sehingga Anies menekankan pentingnya untuk hadir dan menghormati prosesi tersebut.

“Sudah menjadi bagian dari komitmen Mas Anies untuk datang pada acara-acara kenegaraan yang penting. Upacara pelantikan adalah prosesi di mana pemerintahan baru akan dimulai,” tuturnya.

“Tentunya ini hal yang penting untuk memberi pesan persatuan,” imbuh dia.

Anies dan Ganjar diundang

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Pranowo bakal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu 20 Oktober 2024.

Muzani mengaku telah berkomunikasi dengan kedua tokoh tersebut perihal undangan pelantikan presiden dan wakil presiden.

“Pak Anies, Mas Ganjar alhamdulillah insya Allah hadir, saya sudah berkontak tadi malam, mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, mas Anies juga menyampaikan kehadirannya,” kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Sementara itu, dia menyebut belum bisa menghubungi mantan Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar untuk kehadiran tersebut.

“Saya belum bisa kontak (Mahfud), demikian juga Mas Muhaimin. Tapi Mas Ganjar dan Mas Anies kami sudah berkontak alhamdulillah,” ujar dia.

Baca juga :