Ada-ada saja cara maling beraksi... nih yang lagi marak

[PORTAL-ISLAM.ID] Komplotan maling laptop berkeliling Jawa Timur. Mengincar laptop di etalase toko. Modusnya mereka datang berdua, yang satu mengalihkan perhatian penjaga dengan berpura-pura membeli kabel LAN atau OTG, satunya diam-diam ngembat laptop. 

Aksi dan wajah dua pria ini terekam jelas CCTV di tiga toko.

Sejumlah pemilik toko melaporkan aksi pelaku ke Radio Suara Surabaya. Data yang terkumpul dari pengakuan para pemilik toko di grup jual beli laptop, komplotan ini sudah mencuri di Kebonsari dan Rungkut Surabaya, Sidoarjo, Tanggulangin, dan Lamongan.

Pemilik toko di Sidoarjo menjelaskan ciri-ciri terduga kedua pelaku. Pria usia 40 tahunan berpakaian rapi dan satu lagi lebih berumur dan selalu memakai jaket.

Mereka datang berdua ke toko yang diincar. Masuk satu-satu dan melepas helm di atas etalase toko. Helm ditumpuk untuk menghalangi pandangan mata pramuniaga. Satu orang berbicara ke pramuniaga toko, mau membeli kabel RG45.

Saat pramuniaga mengambil barang yang diminta dan menulis nota, terduga pelaku yang usianya tampak lebih tua langsung mengambil laptop dari etalase dan memasukkan ke dalam jaketnya. Tak hanya laptop, terkadang mereka juga mengembat handphone.

Aksi kejahatan ini sudah dilaporkan para pemilik toko ke polisi, satu di antaranya Polsek Jambangan. Hasil penelusuran polisi, dua terduga maling ini mengendarai sepeda motor dengan nomor pelat palsu.

[Rekaman CCTV]
Baca juga :