Survei Ungkap Pendukung Anies Baswedan Tak akan Berpindah Dukung Ridwan Kamil di Pilkada

[PORTAL-ISLAM.ID]  Survei yang dilakukan oleh Political Strategy Group (PSG) menunjukkan bahwa meski Anies Baswedan tidak mencalonkan di Pilkada 2024, namun para pendukungnya tidak akan beralih ke Ridwan Kamil. 

Seperti diketahui, Ridwan Kamil merupakan salah satu calon gubernur yang akan berlaga melawan Pramono Anung dan Dharma Pongrekun di Pilkada Jakarta 2024. 

Sementara itu, sebelum penetapan pasangan calon dilakukan oleh para partai, publik menduga bahwa Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga akan dicalonkan sebagai gubernur Jakarta.

Namun, hingga akhir pendaftaran calon kepala daerah, baik Anies Baswedan ataupun Ahok tidak maju menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Meski demikian, berdasarkan survei dari PSG rupanya pemilih Anies Baswedan tidak akan memilih Ridwan Kamil.

"Tetapi, mayoritas pemilih Anies tidak akan memilih RK," kata Kepala Peneliti PSG, Ahsan Ridhoi, dalam rilis survei Pilkada Jakarta 2024, Sabtu (7/9/2024).

Dijelaskan Ahsan, sebanyak 39 persen responden ingin mendukung Anies Baswedan. Sementara Ahok mendapatkan 22 persen, dan RK sebesar 15 persen.

"Artinya, warga Jakarta pada dasarnya cenderung menginginkan mantan gubernurnya itu kembali memimpin Jakarta," kata dia lagi.

Menurut dia, pemilih loyal Ridwan kamil sebenarnya sangat kecil ketika dihadapkan dengan Anies dan Ahok.

(Sumber: tvOnenews)
Baca juga :