Pemain sepak bola Norwegia menolak tawaran pindah ke klub Israel, "Saya tidak ingin ada uang berdarah yang masuk ke rekening saya"

[PORTAL-ISLAM.ID] Pesepakbola profesional Norwegia Ole Saeter telah menolak tawaran transfer dari klub Israel Maccabi Haifa, dengan alasan keberatan moral yang kuat pada hari Rabu (18/9/2024).

Saeter, pemain depan klub Rosenborg berusia 28 tahun, mengatakan kepada saluran TV 2 Norwegia bahwa ia tidak dapat menerima kesepakatan itu, meskipun akan mendatangkan keamanan finansial.

"Saya tidak ingin ada uang berdarah yang masuk ke rekening saya. Itu akan menjadi mimpi buruk," kata Saeter tentang tawaran itu.

Ia mengatakan bahwa kesepakatan itu dapat membuatnya "mandiri secara finansial", tetapi pemain Rosenborg itu bersikeras bahwa ia tidak dapat mewakili negara yang nilai-nilai dan tindakannya ia lawan.

"Ini adalah negara yang tidak memiliki moral maupun nilai-nilai yang dapat saya wakili," imbuhnya.

Saeter telah tampil 53 kali untuk Rosenborg sejak 2021, mencetak 32 gol dan memberikan 11 assist.

Israel telah menghadapi kritik internasional atas serangan militernya yang sedang berlangsung di Gaza.

Meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata, konflik terus berlanjut, dengan hampir 41.300 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, tewas dan lebih dari 95.500 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

(Sumber: anews)
Baca juga :