MotoGP dan Lebay

MotoGP dan Lebay

Well, tahun ini, insya Allah, MotoGP tetap akan berlangsung di Mandalika. Meskipun panitia lokal berhutang 231 milyar hosting fee ke Dorna Sport, pemilik hak MotoGP.

Karena Dorna Sport juga rumit situasinya. Mereka tidak bisa membatalkan Mandalika, sudah duluan terikat kontrak dengan televisi. Wah wah, lebih rumit urusan Dorna ke televisi ini yang kontraknya Trilyunan dibanding Dorna ke panitia lokal. Jadi yang penting jalan dulu saja.

Proyek MotoGP di Indonesia itu sungguh sebuah kisah seru yang ehem bisa jadi pelajaran.

Tahukah kalian, ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), pemilik Mandalika, dulu adalah BUMN yang sangat sehat. Perusahaan yang untung, stabil, aman sentosa. Hingga suatu hari, Raja Api menyerang. Seseorang punya ide, yuk mari bikin sirkuit di Lombok, biar kita bisa jadi center of the universe.

Entah dulu siapa yang bikin feasibility study (studi kelayakan) ini. Kenapa nggak di Bali dong? Ngggaaak, harus Lombok. Saran-saran dari pihak lain diabaikan saja. Harus jadi. Harus! Persis seperti proyek IKN. Maksa. Maka, dibangunlah sirkuit ini. Menggusur penduduk lokal, BUMN ITDC harus berutang, bla bla. Singkat cerita jadi sirkuit Mandalika.

MotoGP digelar. Netizen yang pro dengan proyek ini bersorak. Lihat tuh, sukses! Ramai! Pejabat ngoceh data statistik yang nonton entah berapa 'milyar'. Dampak ekonomi entah berapa 'ribu' trilyun? Hebat banget. Dorna Sport pun memuji sampai ke langit.

Tahun 2024, ehem, mulai pusing kan? Karena sorry, sejak awal, kalian tuh lebay! Siapa sih yang mau nonton ke Mandalika dengan tiket pesawat mahal? Tapi tenang, 2024 ini, di tengah situasi mencekik, MotoGP insya Allah tetap berlangsung di Mandalika.

Tahun 2025 tetap ada MotoGP? Mbuh.

Tahun 2026? Tahun 2030? Entah siapa yang akan memikirkan utang ITDC. Pemda NTB, aduh, disuruh bayar hosting fee 231 milyar? Mereka jual ginjal berapa orang di sana? (hehehe -red)

Biasanya sih, kalau sudah viral, terdesak, akan selalu ada pejabat yang jadi pahlawan, TALANGIINN! BAYAAAR! Ambil duit APBN deh, pakai duit rakyat, 231 milyar keluar. Hanya demi gengsi.

Burung makan bekatul
Ditimpuk pakai setrika
Sudah bagus ada Sentul
Eh kamu bangun Mandalika

(By TERE LIYE)

Baca juga :