Loh kok dipecat??

[PORTAL-ISLAM.ID]  Loh kok dipecat?? apa gara-gara kritik pedas dia ke Wakil Ketua KPK saat di acara Lemhanas yang bikin heboh kemarin??

Tia Rahmania Dipecat PDIP, Batal Dilantik Jadi Anggota DPR RI

Kendati memperoleh suara tertinggi di Dapil Banten I (Lebak-Pandeglang) dari PDIP, yaitu sebanyak 37.359 suar, Tia Rahmania batal dilantik sebagai anggota DPR. Posisinya digantikan oleh Bonnie Triyana — dikenal juga sebagai sejarawan — yang memperoleh 36.516 suara.

Batalnya Tia Rahmania dilantik sebagai anggota DPR RI terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI nomor 1368 tahun 2024 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Mochamad Afifudin pada 23 September 2024.

"Menetapkan perubahan penetapan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam Pemilihan Umum 2024 terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Daerah Pemilihan Jawa Tengah V dan Banten I," tulis surat keputusan yang dikutip dari laman resmi kpu.go.id pada Rabu (25/9/2024).

Dalam surat keputusan itu, KPU RI resmi menetapkan Bonnie Triyana sebagai anggota DPR RI terpilih di dapil Banten I (Pandeglang-Lebak) menggantikan Tia Rahmania karena telah dipecat sebagai kader PDI Perjuangan.

"Tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR karena yang bersangkutan (Tia Rahmania) diberhentikan dari anggota partai," lanjut surat keputusan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning Proletariyati enggan membeberkan perihal proses pemecatan Tia Rahmania sebagai kader. Namun menurutnya, pergantian anggota legislatif dan pemecatan kader partai merupakan hak prerogatif dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Itu semua hak partai, jadi keputusannya tunggu ketua umum," kata Ribka melalui pesan WhatsApp.

Sementara itu, saat dihubungi awak media, Tia Rahmania masih belum memberikan respons dan jawabannya atas pergantian dirinya sebagai anggota DPR RI terpilih dan pemecatan sebagai kader PDIP.

Momen Tia Vokal Memprotes Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Sebelumnya, Tia Rahmania menjadi viral ketika protes Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, yang menjadi narasumber dalam acara Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang digelar Lemhannas RI pada Minggu (22/9/2024). Video saat Tia protes viral di media sosial.

Anggota DPR RI terpilih sebelum dilantik pada 1 Oktober memang mendapat pembekalan di Lemhannas. 

Acara bertema "Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR Periode 2024-2029" ini disiarkan juga di akun YouTube Lemhannas.

Dalam acara itu, Tia tiba-tiba memotong materi yang tengah disampaikan Ghufron tentang penguatan antikorupsi. 

Tia menyinggung soal kasus etik yang menjerat Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Pernyataan Tia disampaikan saat Ghufron tengah memberikan materi.

"Pak Nurul Ghufron yang terhormat, daripada Bapak bicara yang teori seperti ini, kita semua tahu Pak, negara ini berada dalam kondisi tidak baik-baik saja. Mending Bapak bicara kasus Bapak," kata Tia.

[VIDEO viral saat Tia memprotes Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di acara Lemhanas]
Baca juga :