KUNCINYA ADA DI PAK PRABOWO

Beredar narasi tentang akun Kaskus Fufufafa yang dulu kerap menghina Presiden terpilih Prabowo Subianto (PS). Isi hinaannya apa, tak perlu saya urai di sini, karena bagi saya parah sekali...

Pemilik akun itu diduga Gibran Rakabuming Raka (wapres terpilih). 

Tapi, menurut saya, masalah utamanya adalah: 1) Apakah PS merasa terhina dengan pernyataan Fufufafa?; 2) Jika Fufufafa bukan Gibran, lalu siapa?

Ada tiga kemungkinan: 

1) Jika PS merasa terhina, dia bisa melapor langsung ke polisi agar pelaku diungkap dan dihukum. Sebab mau yang dihina itu presiden atau rakyat kroco, perbuatan menghina manusia tetaplah salah; 

2) Merasa terhina tapi menganggap tidak perlu diproses hukum misal, atas alasan kerukunan elite, keberlanjutan pembangunan, dan segala macam itulah narasi si paling menyejukkan yang selama ini beredar itu;

3) Tidak merasa terhina karena mungkin merasa ada benarnya cuitan Fufufafa atau karena pertimbangan lain, misalnya tidak enak hati, (karena apa jadinya jika betul Fufufafa adalah anak Mulyono) maka tidak perlu ada proses hukum.

PS adalah kunci. Secara hukum, subjektivitasnyalah yang menentukan apakah konten dan konteks narasi Fufufafa itu menghina dan/atau mencemarkan nama baiknya. Dari UU hingga Surat Edaran Kapolri mengatur korban sendiri yang harus membuat pengaduan, tidak bisa diwakilkan (seperti Presiden SBY yang secara pribadi pada 2007 melaporkan Wakil Ketua DPR Zaenal Maarif di Polda Metro Jaya dalam kasus pencemaran nama baik).

Bantahan Menkominfo Budi Arie Setiadi, yang juga relawan Jokowi itu, bahwa Fufufafa bukanlah Gibran tidak banyak berpengaruh (Menkominfo bukan penegak hukum!). 

Bantahan Stafsus Presiden, Grace Natalie, kalau akun Fufufafa, "Kan belum pasti ya, nggak tahu punya beliau atau nggak..." justru menunjukkan bisa jadi akun Fufufafa itu milik kakak ketua umum partainya itu.

Pernyataan Gibran, "Ya tanya yang punya akun" cuma meniru strategi komunikasi bapaknya yang tidak memberikan kejelasan.

Jika PS tidak mengambil tindakan, jangan heran kalau makin banyak orang yang percaya pada narasi akun si wakil... Eh, Fufufafa---yang kini dicap sebagai akun tidak jelas itu---tentang sosok PS yang begini-begitu...

Sama seperti selama 10 tahun ini, banyak orang yang percaya narasi dari akun-akun medsos tidak jelas tentang Mulyono sebagai sosok yang baik.

Salam.

(Agustinus Edy Kristianto)

Baca juga :