Jadi Negara Maju, Pendapatan rata-rata rakyat Malaysia Rp 18 juta/bulan

[PORTAL-ISLAM.ID] Tahun 2025 Malaysia besar kemungkinan akan mendeklarasikan sebagai negara maju. Pendapatan rata-rata rakyat Malaysia pertahun itu sekitar Rp. 218,5 juta atau Rp 18,2 juta/bulan.

Sedangkan pendapatan rata-rata rakyat Indonesia itu sekitar Rp. 86,5 jt/tahun atau Rp. 7,2 jt/bulan.

Pendapatan rata-rata rakyat kita gak ada 1/2 nya rakyat Malaysia, hehe.. Padahal UMR Malaysia sama lho kek UMR Jabodetabek, yakni RM 1,500 atau Rp 5 jutaan.

Tapi di Malaysia, UMR segitu untuk pekerja selevel buruh. Pekerja dgn pendidikan tinggi atau punya pengalaman industri jelas gajinya lebih gede. 

Misal, freshgrad S1 itu standar gajinya RM 2500 an atau sekitar Rp. 9 jt an/bln. Dosen (pendidikan S3) itu minimal bisa ngantongin sebulan RM 5,000 atau Rp. 18 jeti. Kalo sama tunjangan, bisa dapet RM 7,000 atau Rp. 25 jeti/bln.

Di Indonesia, gaji dosen malah selevel gaji buruh, bahkan ada yg lbh kecil dari gaji buruh. Kalo dikritik, nanti argumennya gak jauh-jauh dari argumen "ikhlas".

Trus bawa-bawa slogan "guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa".

Kalo cara berfikirnya seperti ini terus, agak susah negara kita jadi negara maju. Sukanya mlarat dan kemlaratan dinormalisasi dgn keikhlasan.

(By Hendy Mustiko Aji)

Baca juga :