Helikopter Black Hawk ‘Israel’ Jatuh di Gaza, 2 Tentara Israel Tewas, 7 Terluka, 4 Kritis

[PORTAL-ISLAM.ID] GAZA –– Dua tentara Israel tewas dan 7 lainnya terluka, 4 kritis, ketika sebuah helikopter Black Hawk Angkatan Udara Israel jatuh di Jalur Gaza selatan pada Rabu (11/9/2024) dini hari, dalam apa yang digambarkan oleh militer sebagai sebuah kecelakaan.

Dilansir The Times of Israel (11/9), mereka yang tewas diidentifikasi oleh IDF sebagai Sersan Mayor Daniel Alloush (37) dari Tel Aviv, dan Sersan Mayor Tom Ish-Shalom (38) dari Nes Harim. Keduanya bertugas di Unit SAR elit IAF 669.

Menurut penyelidikan awal IAF, helikopter UH-60 Black Hawk dari Skuadron ke-123 terbang ke Rafah bersama tim medis Unit 669 pada Selasa malam untuk mengevakuasi seorang teknisi tempur yang terluka parah dalam pertempuran di daerah tersebut.

Selama tahap pendaratan terakhir di dalam perkemahan tentara Israel di Rafah sekitar pukul 12:30 dini hari, helikopter tersebut menghantam tanah alih-alih mendarat dengan benar.

Menurut penyelidikan Israel, helikopter tersebut tidak terkena tembakan musuh, dan kecelakaan itu terjadi beberapa saat sebelum seharusnya mendarat, yang berarti helikopter tidak jatuh dari ketinggian yang signifikan.
Akan tetapi Free Press Journal (11/9) menerbitkan video penembakan helikopter Israel oleh anggota perlawanan Palestina dengan senjata anti serangan udara.

Secara keseluruhan, dua tentara tewas dan delapan lainnya dibawa ke rumah sakit — termasuk teknisi tempur yang terluka secara terpisah selama pertempuran di Rafah.

Di antara yang terluka parah dalam kecelakaan itu adalah dua pilot dan seorang mekanik dari Skuadron ke-123 IAF; dan seorang dokter cadangan dan seorang prajurit lain dari Unit 669.

Selain itu, seorang dokter cadangan Unit 669 dan seorang mekanik lain dari Skuadron ke-123 mengalami luka sedang dalam kecelakaan itu, kata IDF.

Teknisi tempur yang terluka parah, yang seharusnya dievakuasi oleh Black Hawk yang jatuh, bertugas di Batalyon Teknisi Tempur ke-710. 

[VIDEO]
Baca juga :