Apa enaknya berada di Arab Saudi? ini jawaban seorang WNI

Nikmat Saudi ...

Kalau saya ditanya, apa enaknya berada di Arab Saudi? Maka jawaban saya bukanlah karena adanya dua kota suci, karena Makkah dan Madinah adalah hadiah dari Allah bisa berada di negara ini, juga bukan karena sekolah yang gratis, bukan karena hukumnya adalah hukum Islam, dan bukan karena pekerjaaan. 

Enaknya hidup di Arab Saudi menurut saya adalah, bahwa saya bisa sholat dengan tentram dimanapun berada. Baik itu di lingkungan rumah, kantor, pasar dan tempat lainnya. Khususnya untuk sholat dengan mengeraskan bacaan alfatihah dan ayat-ayat setelahnya. 

Di kampung negeri sendiri, ketika kita sholat berjamaah di lingkungan umum, sering kali isi kepala saya jadi kemana-mana apabila ada imam yang tidak fasih dalam pengucapan huruf - huruf dalam AlQur'an. Namun apabila saya yang menjadi Imam, maka isi hati ini yang kemana-mana karena mengharapkan penilaian dari jama'ah sholat. 

Hal diatas tidak pernah terjadi di Arab Saudi. Di semua tempat kita sholat, kita hanya fokus memaknai bacaan Imam yang memang sudah fasih karena itu memang bahasa ibu mereka. 

Apakah cuma itu... ? ya, bagi saya cuma itu. Untuk hal lainnya, tetap negeriku, Indonesialah tempat yang paling enak.... 🙂 . hmmm... 🙂 

Salam,

(Hartono Subirto)

Baca juga :