Ada yang menyamakan Guru Gembul dengan Rocky Gerung. Bedalah...

Oleh: Ustadz Muhammad Abduh Negara

Ada yang menyamakan Guru Gembul dengan Rocky Gerung. Menurut saya, sampai saat tulisan ini saya tulis, hal itu tidak benar.

Rocky Gerung, meski saya tidak setuju dengan sekian pandangannya (dulu pernah saya tulis beberapa kali, dan saat itu dia dibela oleh sebagian kalangan pengajian, hanya karena kesamaan dukungan politik), namun rekam jejak dan kiprahnya jelas.

Berdasarkan berita dari Tempo, Rocky Gerung adalah alumni Ilmu Filsafat UI, kemudian mengajar di almamaternya selama 15 tahun, hingga berhenti karena terkendala aturan Undang-Undang yang mensyaratkan dosen minimal bergelar S2. Di kampus tersebut, dia pernah mengajar di pascasarjana, dan juga pernah mengampu mata kuliah Filsafat Politik. Dia juga salah satu pendiri Setara Institute dan Sekolah Ilmu Sosial (SIS).


Jadi, orang ini memang ada isinya, saat bicara filsafat maupun politik, yang sering jadi perhatiannya.

Lalu, Guru Gembul?

Menurut Suara.com, "Namun hingga kini sosok Guru Gembul benar-benar misterius karena tetap menyimpan rapat-rapat nama asli dan identitasnya di setiap unggahan media sosial, baik Instagram, TikTok, maupun kanal YouTube-nya."

"Dia diyakini adalah mantan guru di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kota Bandung. Dalam sebuah kesempatan saat diundang di podcast, dia sempat menjelaskan identitasnya yang merupakan seorang guru sejarah khususnya mata pelajaran PKN."


Bayangkan, seorang guru PKN, bisa bicara berbagai tema yang begitu beragam, cakupan bahasannya jauh lebih luas dan lebar dibandingkan Rocky Gerung, namun tidak punya latar belakang yang memadai untuk materi yang dia bicarakan?!

Dan sudah banyak kritik orang-orang, terhadap materi yang disampaikannya dalam berbagai tema.

Perlu dipahami, orang yang begitu cerdas pun, orang yang berwawasan sangat luas pun, orang yang bergelar akademik tertinggi pun, jika bicara di luar bidang yang dia kuasai, akan mudah ditemukan kesalahannya oleh orang yang menguasai bidang tersebut, apalagi orang yang majhul hal seperti Guru Gembul ini.

Demikian.

Baca juga :