Abu Ubaidah Ancam Eksekusi Seluruh Sandera Bila ‘Israel’ Terus Menyerang

[PORTAL-ISLAM.ID] GAZA - Sayap bersenjata kelompok perlawanan Palestina Hamas, Brigade Qassam, mengatakan pasa sandera yang ditahan di Gaza akan kembali ke Israel “dalam peti mati” jika serangan militer Israel terus berlanjut. Instruksi baru Abu Ubaidah ini dikeluarkan dua hari setelah jenazah enam tawanan ditemukan dari terowongan Gaza oleh pasukan Israel.

“Desakan [Perdana Menteri Israel Benjamin] Netanyahu untuk membebaskan tawanan melalui tekanan militer alih-alih mencapai kesepakatan berarti, mereka (ket: sandera) akan kembali ke keluarga mereka dalam peti mati. Keluarga mereka harus memilih; mereka hidup atau mati,” ancam Abu Ubaidah, juru bicara Brigade Qassam, di chanel Telegram dikutip dari Al Jazeera (3/9/2024).

“Netanyahu dan tentara penjajah yang bertanggung jawab penuh atas pembunuhan para tahanan kami, setelah mereka dengan sengaja mengganggu kesepakatan pertukaran tahanan untuk kepentingan sempit, selain pembunuhan yang disengaja terhadap puluhan tahanan melalui pemboman udara langsung,” ujar Abu Ubaidah.

Pernyataan dari Brigade Qassam itu muncul tak lama setelah Netanyahu mengatakan enam tawanan yang jasadnya ditemukan dari sebuah terowongan di wilayah Rafah, Gaza selatan, telah dieksekusi oleh Hamas.
“Saya mohon maaf karena tidak membawa mereka kembali hidup-hidup,” kata Netanyahu dalam konferensi pers yang disiarkan televisi pada hari Senin pagi.

“Kami hampir berhasil, tetapi kami gagal. Hamas akan membayar harga yang sangat mahal untuk ini,” tambahnya.

Pejabat senior Hamas, Izzat al Risheq mengatakan enam tawanan tewas dalam serangan udara Israel.

Serangan itu meningkatkan tekanan pada PM Israel saat AS mempersiapkan kesepakatan gencatan senjata final.

Sementara itu, protes di Israel atas kematian para tawanan terus berlanjut dengan demonstran yang marah mengatakan mereka bisa saja dikembalikan hidup-hidup jika pemerintah Netanyahu menandatangani gencatan senjata dengan Hamas.

Namun, analis politik Akiva Eldar mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pemogokan nasional di Israel pada hari Senin dan meningkatnya kemarahan publik tidak akan membuat perbedaan nyata untuk mengakhiri perang di Gaza dan membebaskan para tawanan.

“Tampaknya bagi Netanyahu, pilihannya – yaitu kehidupan pribadi, politik, dan pribadinya – lebih penting daripada kehidupan para tawanan Israel,” kata Eldar, seraya menambahkan bahwa meskipun ada banyak pengunjuk rasa, kaum kanan Israel dan sayap kanan radikal yang mendukung pemerintah lebih dominan.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden juga mengatakan Netanyahu tidak berbuat cukup banyak untuk mengamankan kesepakatan pembebasan para tawanan.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Senin, Biden ditanya apakah menurutnya Netanyahu berbuat cukup banyak untuk mencapai kesepakatan. Biden berkata, “Tidak.”

Negosiasi yang berlangsung selama berbulan-bulan yang dimediasi oleh Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir sejauh ini gagal mencapai kesepakatan mengenai usulan gencatan senjata Gaza yang diajukan Biden pada bulan Mei.

Hamas menginginkan kesepakatan untuk mengakhiri perang dan mengeluarkan pasukan Israel dari Gaza sementara Netanyahu mengatakan perang hanya dapat berakhir setelah Hamas dikalahkan.

Alon Pinkas, mantan duta besar Israel dan penasihat pemerintah, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Netanyahu-lah yang “sama sekali tidak tertarik pada kesepakatan penyanderaan atau gencatan senjata”.

“Mereka yang terkejut, sedih, dan marah tentang apa yang terjadi seharusnya tidak terkejut karena inilah yang diperingatkan oleh menteri pertahanan [Israel] [Yoav Gallant] dan kita semua akan terjadi,” kata Pinkas.

“Keengganannya [Netanyahu] dan hanya keengganannya untuk terlibat dalam kesepakatan itulah yang membuat semua ini terjadi.” (arrahmah.id)

Baca juga :