RESMI: Timnas Palestina Akan Bermarkas di Malaysia pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kenapa Bukan di Indonesia? Ini Alasannya...

[PORTAL-ISLAM.ID] Timnas Palestina akan bermarkas di Malaysia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung dari 10 September 2024 - 10 Juni 2025.

Putaran ketiga Zona Asia diikuti 18 negara, yang sebelumnya bersaing di putaran kedua. Pada putaran ketiga ini, 18 negara yang bersaing dibagi menjadi tiga grup.

Palestina berada di Grup B yang terdiri 6 Tim: Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, Kuwait.

Karena tidak bisa menggelar pertandingan di Negaranya sendiri, Palestina akan menjamu Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, dan Kuwait di Kuala Lumpur Stadium. 

Bangganya Malaysia Usai Dipilih Jadi Markas Timnas Palestina

Timnas Palestina catat sejarah dengan melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Malaysia akan menjadi tuan rumah bagi Timnas Palestina pada laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kepastian dipilihnya Negeri Jiran sebagai markas Palestina diumumkan oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Malaysia dipilih setelah Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) berdiskusi dengan Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin.

“Setelah berdiskusi, tercapai kesepakatan antara FAM dan PFA dimana Datuk Hamidin yang juga Anggota Dewan FIFA sepakat untuk menawarkan Malaysia dan dipilihlah Stadion Sepak Bola Kuala Lumpur."

“FAM menggambarkannya sebagai suatu kehormatan besar bagi Malaysia karena menjadi satu-satunya negara yang dipercaya oleh Palestina untuk menjadi tempat netral bagi tim nasionalnya."

"Bahkan, FAM merasa beruntung PFA memilih menggelar laga kandang pertama timnasnya pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Malaysia,” demikian pernyataan FAM.

Penyebab Palestina Pilih Malaysia ketimbang Indonesia

Federasi Sepakbola Palestina (PFA) mengungkap alasan kenapa memilih Malaysia ketimbang Indonesia.

PSSI-nya Palestina itu mengatakan, Malaysia dipilih karena beberapa alasan.

“Kami memutuskan bermain di Malaysia saat menghadapi Yordania pada 10 September 2024. Kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Arab Saudi, Yordania, Kuwait, Aljazair, Malaysia, Indonesia dan Qatar yang telah menawari kami bermain di kandang mereka,” tulis pernyataan resmi PFA, Jumat (9/8/2024).

“Malaysia dipilih karena secara geografis tidak terlalu jauh dari lokasi pertandingan kami di matchday pertama (melawan Korea Selatan). Selain itu, masyarakat Malaysia juga konsisten mendukung kemerdekaan Palestina,” lanjut pernyataan PFA.

“Selain itu, Malaysia dipilih karena tidak tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dengan begitu, kami memastikan keadilan dan respek kepada tim lain yang ada di Grup B,” tegas PFA.

Seperti diketahui, Indonesia jadi satu-satunya negara ASEAN yang lolos ke putaran ketiga ini.

Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Baca juga :