LOH GIMANA INI PKS...

Riza Patria Gerindra Bantah PKS Alihkan Dukungan di Pilkada Tangsel: Kami Pegang Surat Resmi

Bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Ahmad Riza Patria menyatakan belum ada perubahan dukungan dari PKS kepada dia dan pasangannya, Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024.

"Ya kan, terkait dengan itu sejauh yang saya ketahui sampai tadi beberapa menit yang lalu saya konfirmasi ke DPP, belum ada perubahan. Jadi belum ada perubahan dukungan. PKS, DPP tetap memberikan dukungan ke Ariza-Marshel untuk Tangsel," kata Riza di DPP PSI, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat pada Senin sore 26 Agustus 2024.

Menurut politikus Gerindra itu usul dan saran yang berbeda dalam  internal partai adalah hal yang biasa. 

"Silahkan saja punya usul ini, punya usul itu. A dengan si B, C dengan si D itu sah-sah saja silahkan," ucap dia.

Yang pasti, kata Riza, dia bersama Marshel sudah menerima surat B1 KWK persetujuan partai politik dari PKS langsung pada Selasa pekan lalu di ICE BSD Tangerang. 

"Tapi kan yang kita pegang adalah surat resmi B1 KWK yang persetujuan Parpol itu udah kita terima," kata Riza.

B1-KWK adalah surat pernyataan dukungan dari partai politik yang menyatakan dukungan resmi mereka kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, atau wali kota dan wakil wali kota.

Surat ini berisi daftar nama pendukung beserta identitasnya dan pernyataan dukungan terhadap calon kepala daerah dan wakilnya. 

Form B1-KWK merupakan legetimasi dukungan resmi partai kepada Bapaslon.

B1-KWK merupakan syarat yang harus dipenuhi bakal calon, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. 

Tanpa formulir B1 KWK tersebut, pasangan calon tidak bisa mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk ikut serta dalam pemilihan.

Riza menyatakan partai pendukungnya saat ini masih solid dan berencana mendaftarkan ke KPU pada 28 atau 29 Agustus. "Ya kami lagi koordinasikan ya mudah-mudahan kalau enggak 28-29 ya," kata dia.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS menyatakan batal mengusung pasangan bakal calon Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Tangerang Selatan. Hal ini diungkapkan oleh politikus PKS, Tifatul Sembiring.

"Insya Allah PKS mengusung pasangan Ruhama-Shinta di Pilkada Tangerang Selatan," kata Tifatul saat dihubungi Tempo, Senin, 26 Agustus 2024. 

Dia memastikan bahwa partainya tak bergabung bersama Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus di Pilkada Tangerang Selatan. Sebab, PKS telah mengalihkan dukungan dari Riza-Marshel ke Ruhama-Shinta.

Menurut Tifatul, keputusan mengalihkan dukungan ke Ruhama-Shinta itu lantaran adanya masukan dari sejumlah kader PKS pasca Keputusan MK. "Bisa mengusung sendiri," ujarnya.

Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid mengatakan, rencana menarik dukungan terhadap Riza-Marshel sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan itu bakal diumumkan secara resmi oleh DPP PKS. "Ditunggu saja," ujarnya, Senin, 26 Agustus 2024.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu telah memberikan dukungan kepada Ahmad Riza dan Marshel Widianto di Pilkada Tangerang Selatan. Dukungan itu diberikan dalam acara konsolidasi nasional calon kepala dan wakil kepala daerah yang diusung PKS pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Syaikhu mengatakan, partainya telah membentuk Tim profesional dan independen untuk mengkaji kelayakan bakal calon kepala daerah yang diusung. "Apakah punya kredibilitas, apakah punya kapasitas dan elektabilitasnya memadai. Nah itu semua dikaji tim profesional dan independen," kata dia.

Gabungan partai politik dari KIM Plus telah sepakat mengusung duet Riza Patria-Marshel Widianto di antaranya Gerindra, PSI, NasDem, dan Demokrat.

(Sumber: TEMPO)
Baca juga :