Pengasuh Ponpes yang Nikahi Santriwati di Bawah Umur Tanpa Seizin Orang Tua Resmi Jadi Tersangka

[PORTAL-ISLAM.ID] LUMAJANG – Polres Lumajang, Jawa Timur resmi menetapkan pengasuh pondok pesantren (ponpes) yang menikahi santriwati di bawah umum tanpa seizin orang tua sebagai tersangka.

Kasatreskrim Polres Lumajang, AKP Achmad Rochim mengatakan, terduga pelaku bernama Muhammad Erik ditetapkan sebagai tersangka sejak Kamis (27/6/2024).

“Yang bersangkutan sudah kami tetapkan tersangka berdasarkan hasil gelar perkara. Sudah kami kirimkan surat panggilan,” katanya, Senin (1/7/2024).

Meski begitu, Polres Lumajang hingga kini belum menahan terduga pelaku. Saat dipantau di kediaman pelaku, kondisi rumah tertutup dan tidak ditemui keberadaannya. Diduga, pelaku meninggalkan rumah dan belum diketahui keberadaannya.

Sebelumnya, santriwati berusia 16 tahun dinikahi diam-diam oleh pengurus pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berinisial ER. Terduga pelaku mengiming-imingi korban uang Rp 300.000.

Fakta tersebut diungkapkan ayah korban MR saat melaporkan ER ke polisi. Pelaporan tersebut didampingi lembaga perlindungan anak.

MR menyebutkan, ER tidak hanya mengiming-imingi uang melainkan juga berjanji membahagiakan korban jika bersedia menikah.

Kasus itu bermula ketika anak perempuan MR, warga Kecamatan Candipuro diisukan hamil oleh warga setempat. Mendapati isu tersebut, kemudian MR menginterogasi sang anak alias korban soal isu tersebut.

Mulanya, korban tidak mengakui soal isu tersebut kepada ayahnya. Namun, akhirnya korban mengakui telah dinikahi oleh ER pada Agustus 2023.

“Awalnya diisukan anak saya ini hamil. Saya tanya (korban) pertama tidak mengaku hingga akhirnya mengakui kalau sudah menikah dengan ME,” jelas MR pada Rabu (26/6/2024).

Mendengar pengakuan korban, ayah korban tak terima dan kemudian melaporkan ER, terduga pelaku ke pihak kepolisian.

***

Mat Rokim, ayah dari seorang santriwati berusia 16 tahun, menangis saat diwawancarai di acara “Apa Kabar Indonesia Siang” di TV One pada Kamis (27 Juni 2024) tentang anak gadisnya yang menikah secara siri dengan Muhammad Erik, pengasuh pondok pesantren di Lumajang, Jawa Timur, tanpa seizinnya. 

Dilansir dari TV One, kasus ini terungkap setelah santriwati tersebut diketahui hamil dan menjadi perbincangan di kalangan warga. Erik menikahi siri anaknya yang masih di bawah umur pada 15 Agustus 2023. Pengasuh pondok pesantren yang menikahi anaknya sempat meminta maaf, namun Mat Rokim menolaknya dan melaporkannya ke polisi pada Selasa (14 Mei). Mat Rokim mengharapkan Polres Lumajang untuk menindaklanjuti kasus ini dengan serius, merasa tak sanggup menahan perasaannya di tengah perbincangan yang berkembang.
Baca juga :