KABAR GEMBIRA... Partai Buruh Yang Dikenal "Pro-Palestina" Menang Besar di Pemilu Inggris

[PORTAL-ISLAM.ID]  LONDON - Partai Buruh yang dipimpin Keir Starmer memenangkan pemilu Inggris yang digelar pada hari Kamis, 4 Juli 2024, dengan capaian rekor telak. Salah satu isu yang mendukung kemenangan itu adalah Partai Buruh dikenal sebagai partai yang mendukung Palestina. Berlawanan dengan Partai Konservatif pimpinan Perdana Menteri Rishi Sunak yang sangat Pro-Israel.

Hasil Exit Poll: Partai Buruh Menang Besar dengan 410 Kursi Parlemen

Menurut hasil exit poll yang dilakukan oleh BBC, ITV, dan Sky, Partai Buruh memenangkan sekitar 410 dari 650 kursi di Dewan Rakyat Inggris. Sementara partai penguasa Partai Konservatif hanya meraih 131 kursi.

Jika prediksi ini akurat, Sir Keir Starmer akan menjadi Perdana Menteri dengan dukungan dari 410 anggota parlemen (MP) Partai Buruh, menyingkirkan Partai Konservatif yang telah berkuasa selama 14 tahun.

Jika proyeksi tersebut terkonfirmasi, ini akan menjadi salah satu kekalahan terburuk bagi Partai Konservatif dalam hampir 200 tahun sejarah partai tersebut. Ini akan menimbulkan pertanyaan mendalam tentang masa depannya dan bahkan kelangsungan hidupnya.

Survei exit poll ini, yang diawasi oleh Sir John Curtice dan tim statistikus, didasarkan pada data dari pemilih di sekitar 130 tempat pemungutan suara di Inggris, Skotlandia, dan Wales. Survei ini tidak mencakup Irlandia Utara.

Pada lima pemilu umum sebelumnya, survei exit poll ini terbukti akurat dengan selisih antara 1,5 hingga 7,5 kursi. 

Hasil sebenarnya baru akan terlihat pada Jumat (5/7/2024) pagi waktu setempat ketika sebagian besar hasil pemilu mulai dilaporkan.
Baca juga :