‘Israel dalam keruntuhan’: 46.000 bisnis terpaksa tutup sejak 7 Oktober

🔵46.000 bisnis Israel terpaksa tutup sejak awal perang 7 Oktober.

🔵Perusahaan manajemen risiko Israel, CofaceBdi, memperkirakan ada 60.000 bisnis akan tutup pada akhir tahun 2024.

46.000 bisnis Israel terpaksa tutup akibat perang yang sedang berlangsung dan dampak buruknya terhadap perekonomian, surat kabar Ibrani Maariv melaporkan pada 10 Juli 2024, merujuk pada Israel sebagai “negara yang sedang dalam kehancuran.”

“Ini angka yang sangat tinggi dan mencakup banyak sektor. Sekitar 77 persen dari bisnis yang telah ditutup sejak awal perang (7 Oktober), yang berjumlah sekitar 35.000 bisnis, adalah bisnis kecil dengan lima karyawan, dan merupakan yang paling rentan dalam perekonomian,” Yoel Amir, CEO Perusahaan manajemen risiko Israel, CofaceBdi, mengatakan kepada Maariv.

Laporan tersebut menambahkan bahwa “industri yang paling rentan adalah industri konstruksi, dan sebagai akibatnya seluruh ekosistem yang beroperasi di sekitarnya: keramik, AC, aluminium, bahan bangunan, dan banyak lagi – semuanya mengalami kerusakan parah,” menurut laporan tersebut. 

Sektor perdagangan juga sangat terkena dampaknya. Ini mencakup sektor jasa dan industri termasuk fesyen, furnitur, peralatan rumah tangga, hiburan, transportasi, dan pariwisata.

Israel berada dalam situasi di mana “hampir tidak ada pariwisata asing,” kata laporan itu, seraya menambahkan bahwa “kerusakan terhadap dunia usaha terjadi di seluruh negeri, dan hampir tidak ada sektor yang tidak terkena dampaknya.”

Hal ini mencakup sektor pertanian, yang sebagian besar berbasis di wilayah selatan dan utara – keduanya dianggap sebagai zona tempur aktif karena ancaman yang ditimbulkan oleh perlawanan Palestina dan Hizbullah Lebanon – yang perlawanannya terhadap Israel telah memberikan kontribusi signifikan terhadap jatuhnya perekonomian.

CEO CofaceBdi memperkirakan bahwa 60.000 bisnis Israel diperkirakan akan ditutup pada akhir tahun 2024.

Serangan Hizbullah berdampak buruk pada bisnis dan pendidikan lokal di wilayah utara. Puluhan ribu pemukim terpaksa mengungsi. “Tujuan kami untuk menguras perekonomian musuh… telah tercapai,” kata pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah pada 10 Juli.

Operasi maritim tentara Yaman juga berkontribusi terhadap jatuhnya perekonomian Israel. Pendapatan di pelabuhan-pelabuhan utama, seperti pelabuhan di bagian selatan Eilat, telah anjlok secara signifikan.

Pada bulan-bulan terakhir tahun 2023, PDB Israel anjlok hampir 20 persen.

Ancaman eskalasi dengan Hizbullah juga menimbulkan ketakutan di Israel bahwa perang besar-besaran dengan kelompok perlawanan Lebanon akan menjerumuskan perekonomian ke jurang yang lebih dalam. Hizbullah telah menunjukkan melalui video peringatan baru-baru ini bahwa mereka mampu menyerang infrastruktur energi seperti kilang minyak dan tangki gas.

Baca juga :