dr. Tifa: Gibran mengidap 'Peter Pan Syndrome'


Pada ribut lihat Samsul majang koleksi mainan mahalnya di meja kerja walikota solo.

Ngga usah ribut. Makin ribut makin senang dia.

Ini bukan penyakit Jiwa, walau nyerempet. Nama diagnosisnya: Peter Pan Syndrome.

Orang dewasa, hampir 40 tahun itu sudah tua,  suka mainan karakter mahal begini bahkan jadi kolektor.  Sama  dengan yang suka koleksi kucing-kucing mahal bahkan didandani dikasi baju.

Yang aneh adalah, dia sengaja memvideokan aksinya ketika mengepak koleksi mainan mahalnya yang bejibun itu dan Timnya sengaja viralkan di sosmed.

Perilaku yang sama persis dan Bapaknya yang hujan-hujanan di tengah sawah. Masuk gorong-gorong.  Naik motor pake jaket bomber.  Timnya viralkan supaya rame dan ribut di sosmed.

Nyeleneh. Nyentrik. Asal beda. Sok Iye, kata anak Jaktim.
Ciri ciri Narsistik Personality Disorder 
Karena berkuasa dan menjabat, narsistik nya menjadi-jadi.

Yang tidak diketahui dirinya sendiri, perilaku seperti ini sebetulnya adalah manifestasi dari rasa rendah diri, minder, gangguan kecemasan, inferiority complex, mental instabil dan mungkin juga  mental illness.

Kalo ditelaah lagi kemungkinan akan semakin banyak simtom-simtom kejiwaan lain yang bakal muncul.

Yang saya bingung, biasanya sindrom Peter Pan ini muncul pada anak yang masa kecilnya susah, lihat mainan mahaln cuma bisa nelen ludah, nah  ketika dewasa  dan punya duit, dia bakal kompensasi, beli mainan mahal gila-gilaan atau kucing-kucing mahal puluhan ekor, atau moge-moge mahal dsb.

Kan ini anak walikota ya dan katanya sebelum jadi walikota, Bapaknya pengusaha yang cukup sukses.

Kok anak-anaknya gedenya katrok  kayak gini sih? Bapaknya dulu betulan pengusaha atau cuma  diframing sebagai Pengusaha?

(@DokterTifa)

Baca juga :