[BREAKING] Hamas, Fatah, dan 14 kelompok Palestina menandatangani deklarasi persatuan yang dimediasi oleh China

[PORTAL-ISLAM.ID]  BEIJING - Para pemimpin faksi-faksi Palestina, termasuk Fatah dan Hamas, Selasa (23/7/2024), menandatangani pernyataan bersama di Beijing yang bertujuan untuk mengakhiri perpecahan dan membangun persatuan di antara dua pihak (Hamas-Fatah) yang bersaing sengit.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan “deklarasi Beijing” – yang dipuji sebagai sebuah terobosan dan tanda munculnya peran Tiongkok sebagai perantara perdamaian dalam konflik yang jauh – ditandatangani oleh perwakilan dari 14 faksi Palestina.

Foto-foto dari perundingan tersebut menunjukkan mereka yang hadir termasuk Mahmoud al-Aloul, wakil ketua komite pusat Fatah, dan Moussa Abu Marzouk, anggota senior Hamas. 

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi mengatakan duta besar dari Mesir, Rusia dan Aljazair juga menghadiri pertemuan tersebut.

Wang menyebut pertemuan itu sebagai “momen bersejarah bagi pembebasan Palestina” dan menyoroti “konsensus seputar pembentukan pemerintahan rekonsiliasi nasional sementara untuk mengelola Gaza setelah perang,” dalam pidatonya setelah pembicaraan berakhir.

Wang menyatakan kembali dukungan Tiongkok terhadap “gencatan senjata yang komprehensif, berkelanjutan dan berkesinambungan” dan terhadap penyelenggaraan “konferensi perdamaian internasional” yang besar untuk mengupayakan solusi dua negara.

Aspek kunci dari perdebatan yang lebih besar mengenai bagaimana mengakhiri pertempuran yang melelahkan selama sembilan bulan di Jalur Gaza adalah bagaimana daerah kantong tersebut akan diatur setelahnya, apakah melalui pendudukan Israel yang berkelanjutan atau suatu bentuk kendali Palestina – meskipun pemerintah Israel telah menolak usulan apapun menampilkan Hamas atau Otoritas Palestina yang dikuasai Fatah.

Pernyataan tersebut menyerukan pembentukan pemerintah persatuan Palestina yang mengawasi Tepi Barat, Yerusalem dan Jalur Gaza dan pada akhirnya mengadakan pemilu, di mana para pemimpin faksi akan bertemu dan menyusun peta jalan.

Setelah berpuluh-puluh tahun lebih memilih untuk menyerahkan diplomasi yang kontroversial di Timur Tengah kepada Amerika Serikat, Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir secara aktif menjadikan dirinya sebagai pembawa perdamaian yang layak dalam beberapa permasalahan yang paling sulit diselesaikan di dunia.

Beijing tahun lalu menjadi perantara perdamaian antara Iran dan Arab Saudi, yang memaksa Washington berada pada posisi yang canggung karena memuji perjanjian besar Timur Tengah yang dicapai oleh saingan geopolitik utamanya.

“Timur Tengah bukanlah wilayah kekuatan besar mana pun,” Global Times, sebuah tabloid nasionalis yang dikelola pemerintah, mengatakan dalam editorial yang diterbitkan pada hari Senin. Dengan mengadopsi “model mediasi diplomatik yang unik,” Beijing telah mendorong “gelombang rekonsiliasi” di wilayah tersebut, katanya.

Tiongkok juga mencoba menampilkan dirinya sebagai perantara dalam konflik Rusia-Ukraina, dengan mempromosikan proposal 12 poin untuk mengakhiri konflik tersebut.

Baca juga :