Bamus Suku Betawi Usulkan 5 Nama Cagub Jakarta, Tak Ada Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Badan Musyawarah atau Bamus Suku Betawi 1982 mengusulkan sebanyak lima nama untuk dicalonkan sebagai kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.

Adapun nama nama-nama yang diusulkan sebagai kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 tersebut, diantaranya, Marullah Matali, Lutfi Hakim, Zainuddin, Dailami Firdaus dan Moh. Ihsan.

“Nama-nama tersebut akan diusulkan kepada para pimpinan partai politik,” kata Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982, Zainuddin, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (7/7/2024).

Menurut Zainuddin, usulan nama-nama ini lahir dari hasil konsolidasi dengan para sesepuh dan tokoh adat, dalam rangka menyongsong sukses Pilkada 2024.

Ditegaskannya, usulan tersebut harus dipandang, demi keberlanjutan peradaban Betawi, yang telah turun-temurun sejak 3.000 tahun lalu.

Zainuddin mengatakan Suku Betawi yang merupakan salah satu suku asli Nusantara dengan jumlah sekitar 7 juta jiwa, kini berada pada urutan keenam dari 1.340 suku di Indonesia.

“Di Jakarta sendiri, suku Betawi menempati urutan kedua, dengan jumlah sekitar 3 juta jiwa atau 27 persen dari total populasi ibu kota,” jelas Zainuddin, dalam jumpa pers dengan tema Suku Betawi Menyongsong Sukses Pilkada 2024 di Jakarta.

Zainuddin melanjutkan dalam sistem demokrasi Indonesia, suara suku Betawi memiliki peran yang sangat menentukan dalam pilpres, pileg, dan pilkada.

“Hal ini menjadi semakin relevan, setelah disahkannya UU Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ), yang menegaskan kedudukan suku Betawi sebagai Putra Asli Daerah, dan menempatkan budaya Betawi sebagai prioritas, bersama suku-suku lain yang tinggal di Jakarta,” ungkap Zainuddin.

Dengan kedudukan tersebut, lanjutnya, suku Betawi kini memiliki hak untuk mendapat ruang, dan pelibatan langsung dalam spektrum politik dan pemerintahan. “Semangat Vox Betawi Vox Dei, No Betawi No Party (Betawi Adalah Suara Tuhan, Tanpa Betawi Tidak Ada Pesta ‘Demokrasi’) menjadi seruan utama,” katanya.

Menariknya, dari nama-nama yang diusulkan oleh Suku Betawi tersebut, tidak ada nama Anies Baswedan yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang digadang-gadang bakal kembali maju di Pilkada Jakarta.

Untuk diketahui, Marullah Matali merupakan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Lutfi Hakim merupakan Ketua Umum FBR (Forum Betawi Rempug), Dailami Firdaus merupakan anggota DPD RI dapil Jakarta, Moch Ihsan merupakan Ketua Umum FORKABI (Forum Komunikasi Anak Betawi) dan Zainuddin merupakan Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982.

(Sumber: TajukNasional)
Baca juga :