Awal Pertama Berhala Masuk Kota Mekkah

Awal Pertama Berhala Masuk Kota Mekkah

Oleh: Zaki as-safi Magelang

Suku Arab sebagian besar adalah keturunan Nabi Ismail alaihissalam. Mereka mewarisi agama dan manhaj dari leluhur mereka tanpa adanya kerusakan dan penyimpangan, sampai tiba pada suatu masa di kalangan orang Arab terdapat seorang yang bernama "Ammar bin Luhay bin Qama'al". Dia adalah orang yang pertama kali memasukkan kemusyrikan di bangsa Arab dan mengajak orang-orang untuk menyembah berhala.

Di tulisan ini saya akan menceritakan bagaimana cara Ammar bin luhay memasukkan berhala di negeri Arab.

Pada suatu hari Amr bin luhay keluar dari kota Mekah menuju Syam untuk memenuhi keperluannya, ketika Ammar bin Luhay sampai di Ma'ad (suatu daerah di Balqo). Di sana terdapat orang-orang keturunan Amliq bin Laudz bin Sam bin Nuh yang sedang mengadakan pesta, kemudian Amr bin Luhay melihat mereka sedang menyembah berhala.

Amr bin Luhay bertanya kepada mereka; "Apakah kalian menyembah berhala berhala ini?"

"Ya.... berhala-berhala ini kami sembah". Jawab mereka. Kemudian mereka melanjutkan; "Berhala ini selalu mengabulkan apa yang kami minta contohnya apabila kami meminta hujan maka turunlah hujan."

Lantas Amr bin Luhay meminta berhala tersebut agar bisa ia bawa pulang ke negerinya. "Apakah boleh saya meminta salah satu dari berhala-berhala tersebut untuk membawa pulang ke negeri Arab?" Pinta Amr bin Luhay.

Mereka pun memberikan salah satu dari berhala-berhala tersebut yang bernama Hubal atau Habl. Kemudian Amr bin Luhay membawa berhala tersebut pulang ke Mekah dan memerintahkan kepada orang-orang Arab agar menyembah berhala tersebut.

Sejak saat itu mulailah orang-orang Arab banyak menyembah berhala.

Baca juga :