Apple Donasi ke IDF 34 juta dollar. Ganti iphone kelen

[PORTAL-ISLAM.ID] Beberapa karyawan dan pemegang saham Apple menuduh perusahaan teknologi itu mengirim sumbangan karyawan ke organisasi yang memiliki hubungan dengan tentara Israel (IDF) dan pemukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki.

Menurut laporan oleh organisasi berita Amerika The Intercept, 133 orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai "sekelompok pemegang saham, karyawan saat ini dan mantan karyawan" menulis surat terbuka kepada Apple, yang menyatakan kekhawatiran tentang organisasi yang menerima sumbangan karyawan.

Dalam surat itu, Apple dituduh mengirim sumbangan karyawan ke tentara Israel dan organisasi yang terkait dengan pemukim ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Surat itu menyerukan penyelidikan segera atas tuduhan ini dan meminta Apple menghentikan sumbangan ke "semua organisasi yang mendukung pemukiman ilegal di wilayah pendudukan dan mendukung IDF."

Daftar organisasi yang menerima sumbangan meliputi "Friends of the IDF," yang mengumpulkan dana untuk tentara Israel, "HaYovel," "One Israel Fund," "the Jewish National Fund," dan "IsraelGives," yang mendukung pemukim ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki.

"Friends of the IDF", sebuah badan amal yang tercantum dalam daftar donasi pendamping Apple, mengklaim telah mentransfer $34,5 juta dalam bentuk sumbangan kepada tentara Israel pada minggu-minggu pertama setelah pecahnya perang di Gaza.

Menurut analisis The Guardian pada Desember 2023, platform penggalangan dana "IsraelGives" menerima lebih dari $5,3 juta dalam bentuk sumbangan hanya dalam waktu dua bulan setelah perang dimulai untuk mendukung kegiatan "militer, paramiliter, dan permukiman" di Tepi Barat yang diduduki. 

Manajemen Apple tidak menanggapi pertanyaan tentang masalah sumbangan tersebut.

(Sumber: TRTWorld)
Baca juga :