Anies Ngaku Ingin Kenalan dengan “Dewa-dewa” yang Disebut Atur Calon di Pilkada Jakarta

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons pernyataan Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni yang menyebut ada “dewa-dewa” penentu sosok calon gubernur dan wakil gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

“Ya kami enggak tahu lah. Yang dewa-dewa itu ya?” ujar Anies kepada awak media saat menghadiri Musyawarah Nasional ke-IV Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN) di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2024).

Anies berseloroh bahwa dirinya hanya kenal band Dewa 19.

“Kalau (ada) dewa-dewa, saya pingin kenalan juga. Karena yang saya kenal cuma Dewa 19,” kata Anies yang kemudian tertawa.

Peta politik persaingan pada Pilkada Jakarta 2024 masih abu-abu meski pembukaan pendaftaran Pilkada serentak 2024 tinggal satu bulan lagi.

Ahmad Sahroni mengatakan ada "dewa-dewa" di Republik Indonesia yang akan menentukan sosok calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Sahroni, keberadaan para "dewa" tersebut membuat nama-nama yang akan maju pada Pilkada Jakarta sulit diprediksi oleh para pengamat politik.

"Ini kan masih sangat dinamis, Jakarta agak sedikit unik. Karena ini tidak mudah dan tidak bisa ditafsirkan oleh para pengamat-pengamat itu. Yang hanya tahu (calon di Pilkada Jakarta) adalah para dewa-dewa yang ada di Republik ini," ujar Sahroni di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

"Nah in the end, kapan akan terjadi keputusannya, siapa dengan siapanya, itu nanti pada waktunya nanti teman-teman akan tahu," ujar Sahroni melanjutkan.

Sahroni menjelaskan, sulit untuk memprediksi berapa poros yang akan maju di Jakarta.

Dia kembali mengungkit peran para dewa ini dalam menentukan jumlah poros dan sosok yang boleh maju di Jakarta.

"Selama fleksibilitas dinamisnya politik di Jakarta itu ditentukan oleh para 'dewa-dewa' yang ada di republik ini, gue enggak bisa simpulkan, tetapi para dewa-dewa itulah yang akan mengambil keputusan," pungkas Sahroni, dilansir Kompas.

Elektabilitas Anies Tertinggi

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan hasil survei terbaru menunjukkan Anies Baswedan meraih elektabilitas tertinggi dari semua calon yang ada.

Berikut ini hasil survei berdasarkan berbagai simulasi yang dilakukan Indikator Politik Indonesia:

Simulasi terbuka atau top of mind:
Anies Baswedan 39,7 persen
Ahok 23,8 persen
Ridwan Kamil 16,1 persen

Simulasi semi terbuka atau 40 nama:
Anies Baswedan 41,7 persen
Ahok 27 persen
Ridwan Kamil 15,4 persen

Simulasi 16 nama:
Anies Baswedan 41,9 persen
Ahok 27,9 persen
Ridwan Kamil 17,3 persen

Simulasi 11 nama:
Anies Baswedan 42,1 persen
Ahok 28,6 persen
Ridwan Kamil 17 persen

Simulasi 9 nama:
Anies Baswedan 42,7 persen
Ahok 29,2 persen
Ridwan Kamil 18,3 persen

Simulasi 4 nama:
Anies Baswedan 43,5 persen
Ahok 30,5 persen
Ridwan Kamil 13,5 persen

Simulasi 3 nama:
Anies Baswedan 43,8 persen
Ahok 32,1 persen
Ridwan Kamil 18,9 persen

(Sumber: Kompas)
Baca juga :