Akun Tere Liye kena sanksi fb gara2 posting lg*bt, israel, dan berbagai topik yg menurut mereka TERLARANG dibahas

Tenang, tulisan ini bukan buat ngomelin netizen. Tulisan ini buat menjelaskan sesuatu.

1. Saya sejauh ini tidak berhenti nulis topik2 politik, dkk, terus sy posting di 2 akun medsos saya, page facebook dan instagram

2. Nah, yg jadi masalah, admin Facebook itu rese-nya luar biasa. Sejak 2018-an. Akun sy itu sering kena sanksi, dikunci 3 hari tdk bisa posting, 7 hari, dsbgnya. Gara2 posting lg*bt, israel, dan berbagai topik yg menurut mereka TERLARANG dibahas. Kalian yg juga aktif bahas beginian, juga mengalaminya. Banyak korbannya.

3. Bedanya adalah admin facebook ini kocak. Mereka tdk mau menutup akun, karena tetap butuh massa-nya. Kan kalau pengguna pindah semua, mereka juga rugi. Berkali2 dikunci, berkali2 diancam, sy tetap sj posting, bodo amat, mereka mengubah strategi sanksi menjadi: dibatasi. 

4.  Dua-tiga tahun terakhir, akun page Tere Liye dibatasi habis2an. Tidak lagi mereka kunci, tapi dibatasi. Artinya, akun dibiarkan posting, tapi itu postingan hanya bisa dilihat sedikit netizen. Tdk lagi muncul di 'home' siapapun. Algoritma membatasinya. Sisanya, tidak bisa lihat, kecuali kamu cari langsung. Bertumpuk daftar sanksi ini. Hingga hari ini, kelakuan admin facebook masih sama. Bahkan nular ke instagram. Ikut2an membatasi.

Jadi begitulah. Tapi itu memang hak mereka. Terserah2 mereka saja. Sama kayak dulu main friendster, multiply, medsos2 ini simpel buat naruh tulisan saja. Sekalian buat jualan, dll. Syukur2 bermanfaat. Tdk ada yg sebenarnya penting sekali di medsos ini. 

*Tere Liye

Baca juga :