Ada kemungkinan PDIP pasangkan Anies Baswedan dengan Rano Karno

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Si Doel Anak Betawi Rano Karno disebut cocok mendampingi Anies Baswedan jadi calon wakil gubenur Jakarta.

Menurut pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana, Rano Karno bisa menjadi semacam titik temu sebagai cawagub dari partai politik pendukung Anies Baswedan.

Aditya juga mengakui sosok Rano Karno yang bisa menjadi kuda hitam.

Rano Karno, katanya, bisa memperluas basis pemilih Anies Baswedan yang tidak terjangkau sebelumnya.

"Bisa menjadi penengah buntunya sosok Wakil Gubernur. (Karena) Rano Karno ini sudah terkenal sebelum menjadi politisi dan sosok yang dapat diterima semua kelompok," kata Aditya pada Rabu (17/7/2024).

Aditya mengungkapkan pendamping Anies Baswedan di Jakarta harus mewakili seluruh kelompok. Mengingat, warga Jakarta memiliki latar belakang yang kosmopolit dan beragam.

Mengenai nama Rano Karno, Aditya mengatakan politikus PDIP itu layak menjadi pendamping Anies Baswedan karena pernah berpengalaman di eksekutif dan legislatif.

"Artinya memang dia ini kan orang Jakarta yang memiliki track record (latar belakang) yang jelas sebagai seniman dan labeling-nya itu dari Jakarta. Jadi penerimaan sosok beliau sendiri di masyarakat relatif mudah, ga akan punya kesulitan," kata Aditya, dilansir Tribunnews.

Rano Karno adalah politikus PDIP yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang (2008-2011), Wakil Gubernur Banten (2012-2014), Gubernur Banten (2015-2017), Anggota DPR RI (2019-2024), Anggota MPR RI (1997-1999).

Baca juga :