Sudah Muncul Poster Sohibul-Kaesang untuk Jakarta, Koalisi PKS dan PSI?

[PORTAL-ISLAM.ID]  DPP PKS akhirnya memutuskan mengusung kadernya sendiri untuk maju Pilgub Jakarta 2024. Dia adalah Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, artinya mereka tak memilih incumbent, Anies Baswedan. 

Hal itu diungkap Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Mabruri.

“Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," kata Mabruri dalam keterangan tertulis, Minggu (23/6/2024).

Pasca pengumuman DPP PKS mengusung Sohibul Iman sebagai Calon Gubernur Jakarta, di media sosial muncul poster Sohibul-Kaesang untuk Jakarta.

Kaesang adalah putra bungsu Presiden Jokowi yang menjadi Ketua Umum PSI.

Di Pemilu 2024, PSI berhasil meraih 8 kursi DPRD Jakarta. 

Sementara PKS sebagai juara meraih jumlah kursi terbanyak 18 kursi.

Namun tidak ada satupun partai yang meraih kursi 20% (22 kursi dari 106 kursi), sehingga tidak ada satu pun partai yang bisa mengusung calonnya sendirian, harus koalisi.

Jika PKS koalisi dengan PSI (total 26 kursi) maka sudah bisa mengusung paslon di Pilgub Jakarta 2024.

Sebelum DPP PKS resmi mengumumkan mengusung kadernya sendiri M Sohibul Iman, beberapa hari sebelumnya PSI berkunjung ke PKS.

PSI Kunjungi PKS, Upaya Lobi dari Kaesang?

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta melakukan manuver politik dengan mengunjungi kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta di Cempaka Baru, Jumat, (21/06/2024).

Ketua DPW PSI Jakarta, Elva Farhi Qolbina, menyatakan bahwa meskipun ada perbedaan dalam pilihan politik dan platform, dialog dan komunikasi yang baik dapat membuka jalan untuk kerja sama yang konstruktif.

"Meskipun selama ini kita mungkin berbeda dalam pilihan politik dan platform, kami percaya bahwa dialog dan komunikasi yang baik dapat membuka jalan untuk kerja sama yang konstruktif," ujarnya, dilansir WartaEkonomi.

Pertemuan ini tidak hanya merupakan ajang silaturahmi biasa, tetapi juga membuka kesempatan untuk mendiskusikan potensi kerja sama dalam berbagai bidang yang dapat memberikan manfaat bagi warga Jakarta.

"Dengan mengedepankan kepentingan masyarakat, kita bisa menemukan banyak kesamaan tujuan yang bisa diupayakan bersama," tandas Elva.

Kunjungan ini diharapkan menjadi awal dari sinergi antara PSI dan PKS dalam menghadapi Pilkada 2024, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun Jakarta yang lebih baik.

Komposisi Perolehan Kursi DPRD Jakarta di Pileg 2024

PKS: 18 kursi
PDIP: 15 kursi
Gerindra: 14 kursi
NasDem: 11 kursi
PKB: 10 kursi
Golkar: 10 kursi
PAN: 10 kursi
PD: 8 kursi
PSI: 8 kursi
Perindo: 1 kursi
PPP: 1 kursi

Total: 106 kursi

Baca juga :