Pantesan Budiman Cari Aman ke Prabowo

Bangkrut! Kontraktor BUMN Proyek Bukit Algoritma Pimpinan Budiman Sudjatmiko Terancam Dibubarkan

Masa depan proyek Bukit Algoritma di Sukabumi, Jawa Barat, kembali menjadi sorotan. Pasalnya, PT Amarta Karya (Persero), BUMN yang menjadi kontraktor utama tahap pertama proyek tersebut, terancam dibubarkan oleh pemerintah.

PT Amarta Karya (Persero) sendiri masuk dalam 6 perusahaan BUMN yang bakal dibubarkan oleh pemerintah. 

Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Yadi Jaya Ruchandi mengatakan, dari total 14 BUMN sakit, 6 di antaranya terancam dibubarkan.

Mereka adalah PT Indah Karya (Persero), PT Dok Dan Perkapalan Surabaya (Persero), PT Amarta Karya (Persero), PT Barata Indonesia (Persero), PT Varuna Tirta Prakasya (Persero), dan PT Semen Kupang.

"Yang potensi minimum operasi itu sebenarnya more than likely akan kita setop, apakah nanti lewat likuidasi atau pembubaran BUMN, sepertinya ke sana ujungnya," kata Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Yadi Jaya Ruchandi dalam rapat panja dengan Komisi VI DPR awal pekan ini.

PT Amarta Karya sendiri masuk dalam salah satu daftar BUMN yang terancam tersebut. Hal ini dikarenakan perusahaan mengalami sejumlah kendala dalam menyelesaikan proyek-proyeknya, termasuk Bukit Algoritma. Proyek pimpinan Budiman Sudjatmiko yang merupakan Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO kini terancam mangkrak.

Proyek Bukit Algoritma sendiri digagas sebagai pusat pengembangan industri dan teknologi 4.0 serta sumber daya manusia. Proyek ini diharapkan dapat menjadi ikon baru bagi Indonesia di bidang teknologi dan informasi.

Namun, pembangunan proyek ini mengalami hambatan sejak awal. Groundbreaking dilakukan pada Juni 2021, namun hingga saat ini progresnya masih minim. Bahkan, proyek tersebut sempat mangkrak selama beberapa bulan.

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran tentang nasib proyek Bukit Algoritma. Jika PT Amarta Karya dibubarkan, belum jelas siapa yang akan melanjutkan pembangunan proyek tersebut.

Baca juga :