Netanyahu Menolak Gencatan Senjata Permanen, Warga Israel Marah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia terbuka untuk "kesepakatan terbatas" (bukan gencatan senjata permanen) dengan Hamas yang memungkinkan Israel tetap melanjutkan perang di Gaza setelah beberapa tawanan dibebaskan.

Kesepakatan yang mengakhiri perang secara permanen bukanlah suatu pilihan sampai Hamas “dilenyapkan”, kata Netanyahu kepada Channel 14 pada hari Minggu (23/6/2024).

Namun, militer Israel dan banyak ahli sudah menyatakan "Melenyapkan Hamas" adalah tujuan yang tidak dapat dicapai.

Pernyataan Netanyahu tampaknya bertentangan dengan beberapa pejabat tinggi AS, yang selama berminggu-minggu mengatakan Israel menyetujui garis besar yang disampaikan oleh Presiden Joe Biden pada bulan Mei, yang mengarah pada gencatan senjata permanen.

“Saya tidak siap untuk mengakhiri perang dan membiarkan Hamas tetap berkuasa. Saya siap untuk melakukan kesepakatan parsial, itu bukan rahasia lagi, yang akan mengembalikan sebagian orang (tawanan) kepada kami,” kata Netanyahu dalam wawancara TV.

“Kami wajib melanjutkan pertempuran setelah jeda untuk menyelesaikan tujuan kami menghancurkan Hamas,” tambahnya. “Saya tidak siap untuk menyerah dalam hal itu.”

👇👇
Pernyataan Netanyahu tersebut telah menimbulkan kemarahan di Israel, karena tampaknya memberikan kesan bahwa Netanyahu tidak berupaya untuk membebaskan 120 tawanan yang masih berada di Gaza.

Forum Sandera dan Keluarga Hilang, sebuah kelompok payung yang mengadvokasi pembebasan tawanan, mengecam Netanyahu.

“Kami mengutuk keras pernyataan perdana menteri yang membatalkan usulan Israel,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan. “Ini berarti dia menelantarkan 120 sandera dan merugikan kewajiban moral negara Israel terhadap warganya.”

Sumber mengatakan kepada kantor berita Haaretz dan Walla bahwa pernyataan Netanyahu tersebut telah menyebabkan kerusakan besar pada perundingan gencatan senjata yang sedang berlangsung.

“Netanyahu menegaskan hari ini bahwa dia tidak tertarik dengan pembebasan semua sandera – permintaan yang dia buat sendiri kepada Hamas – dan tidak bersedia memberikan kompensasi yang diminta Hamas,” kata salah satu sumber kepada media Israel Haaretz.

Sementara itu, Hamas mengatakan dalam pernyataannya bahwa pernyataan Netanyahu membuktikan Israel menentang usulan Biden dan resolusi terbaru Dewan Keamanan PBB yang menyerukan perjanjian gencatan senjata.

Pembicaraan berbulan-bulan

Israel dan Hamas telah terlibat dalam pembicaraan tidak langsung sejak Januari untuk mencapai kesepakatan yang mengakhiri perang di Gaza dan menukar tahanan.

Kedua belah pihak telah bolak-balik membahas usulan garis besar perjanjian tiga fase yang diajukan oleh mediator AS, Qatar dan Mesir.

Sebagian besar komponen kesepakatan telah diselesaikan setelah negosiasi berbulan-bulan, namun ada dua masalah utama yang masih belum terselesaikan terkait ketentuan gencatan senjata permanen dan penarikan pasukan Israel dari Gaza.

Bulan lalu, Biden mengatakan Israel menyetujui gencatan senjata permanen dan penarikan penuh sebagai bagian dari garis besar tawaran terbaru yang dikirimkan kepada mediator pada 27 Mei.

Para pejabat Israel tidak pernah secara eksplisit mengatakan mereka setuju untuk mengakhiri perang atau menarik diri sepenuhnya dari Gaza. Netanyahu berulang kali mengatakan dia tidak akan menyetujui gencatan senjata permanen sebelum “tujuan” perangnya tercapai, yakni melenyapkan Hamas.

Para pejabat Hamas menyambut baik pengumuman Biden tetapi kemudian menyatakan bahwa tawaran Israel tidak menjamin berakhirnya perang.

Kelompok Palestina telah mengatakan selama berbulan-bulan bahwa mereka tidak akan menyetujui kesepakatan yang tidak secara eksplisit mengakhiri perang dan penarikan penuh pasukan Israel.

Hamas membalas ke kantor Israel terbaru pada 11 Juni, teks lengkapnya diungkapkan oleh MEE, namun sampai saat ini belum menerima tanggapan dari Israel.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, mengatakan beberapa “kemajuan” telah dicapai namun mengakui “masih ada beberapa kesenjangan” dan upaya masih terus dilakukan untuk mencapai kesepakatan.

(Sumber: MEE)
Baca juga :