MER-C: RS Indonesia di Gaza Sudah Kembali Beroperasi

[PORTAL-ISLAM.ID]  GAZA - Ketua Presidium MER-C, dr. Sarbini Abdul Murad, berharap fungsi RS Indonesia di Gaza yang sudah beroperasi kembali secara terbatas sejak Sabtu (1 Juni 2024) dapat lebih maksimal setelah dilakukan renovasi.

“Dalam kondisi sulit RS Indonesia dapat terus berupaya memberikan yang terbaik untuk warga Gaza terutama di utara. Semoga nanti fungsinya bisa lebih maksimal dengan dilakukan renovasi besar setelah gencatan senjata permanen,” kata Sarbini, Rabu (18/6/2024).

Untuk itu, ia mengharapkan dukungan rakyat Indonesia serta pemerintah agar bisa segera mengirimkan insinyur dan tenaga teknis.

Relawan MER-C di Jalur Gaza, Edy Wahyudi, melaporkan RS Indonesia sudah kembali beroperasi meski belum sepenuhnya.

“Alhamdulillah RS Indonesia sudah beroperasi kembali pada hari Sabtu, setelah diduduki Tentara Israel selama dua pekan dan melakukan pembakaran lantai 3 dan 4,” ujar Edy.

“Saat ini bisa difungsikan walaupun belum sepenuhnya karena kerusakan peralatan dan instalasi mekanikal elektrikalnya di basement lantai 1 dan lantai 2. Peralatan radiologi baik CT Scan maupun peralatan rontgen di RS Indonesia juga dirusak oleh Tentara Israel,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ruangan yang saat ini sudah diaktifkan yaitu; ruang pendaftaran, ruang medical record, ruang IGD atau emergency, ruang operasi, ICU serta ruang rawat inap kapasitas 140 tempat tidur.

Adapun laboratorium hanya sebagian kecil peralatan yang dapat difungsikan, karena sebagian besar peralatannya termasuk peralatan bank darah juga ikut dirusak.

Selain itu, permasalahan utama adalah seluruh generator besar RS Indonesia kapasitas 400 dan 500 KVA hancur dibom, sementara yang kapasitas 600 KVA sempat dipindahkan dari RS Indonesia. Solar Cell tenaga Surya di atap RS Indonesia juga ikut dirusak tentara Zionis dengan tembakan artileri.

Edy mengatakan, saat ini hanya ada generator kapasitas kecil yang hanya bisa digunakan bergantian antara empat ruangan operasi di RS Indonesia.

(Documentation provided by: Medics World Wide)

[VIDEO]
Baca juga :