Mengapa Saudi Diam Saja Ketika Benderanya Diinjak-injak Tentara Israel?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Foto-foto viral yang memperlihatkan sekelompok tentara Israel yang mengibarkan bendera Israel sambil berdiri di atas bendera Arab Saudi telah memicu kemarahan di kalangan pengguna media sosial, yang mengatakan bahwa gambar-gambar tersebut secara terang-terangan menunjukkan rasa tidak hormat terhadap Islam dan meminta pemerintah Saudi untuk mengambil sikap yang lebih tegas terhadap Israel. .

Foto-foto tersebut dibagikan di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, awal pekan ini oleh seorang pengguna bernama Tamer, yang mengungkapnya di akun Instagram dua tentara Israel.

“Sekelompok tentara Israel di Brigade Pasukan Terjun Payung menginjak-injak bendera Saudi dan sertifikat tauhid, selama invasi darat ke kota Khan Younis [di Gaza],” kata Tamer dalam keterangan foto dalam bahasa Arab.

“Foto ini diunggah seorang tentara Israel di akun Instagramnya. Ini adalah kekotoran dan penghinaan Israel,” lanjutnya.

Postingan tersebut dengan cepat menjadi viral, dengan ratusan orang menyoroti bahwa bendera Saudi memuat syahadat Islam dan menyertakan nama Tuhan dan Nabi Muhammad.

“Kata ini tertulis di bendera Arab Saudi dan teroris Israel telah menantang kehormatan seluruh umat Islam [bangsa],” tulis seorang pengguna, menggunakan istilah yang mengacu pada komunitas Muslim yang lebih luas.

Beberapa pengguna mengkritik apa yang mereka anggap sebagai kurangnya sikap warga Arab Saudi terhadap perjuangan Palestina dan menggunakan foto tersebut sebagai bukti mengapa kerajaan tersebut tidak seharusnya menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pada awal Januari, seorang pejabat senior Saudi mengatakan kepada BBC bahwa negaranya masih tertarik untuk menormalisasi hubungan dengan Israel setelah perang di Gaza berakhir. 

MEE menghubungi kedutaan Saudi di Inggris untuk dimintai komentar terkait foto tentara Israel yang menginjak-injak bendera Saudi, tetapi tidak menerima tanggapan hingga berita ini diterbitkan.

“Israel inilah yang ingin dinormalisasi oleh putra mahkota MBS, dan bekerja siang dan malam untuk melakukan hal tersebut. Tidak ada martabat,” komentar salah satu pengguna X.

“Mengapa Arab Saudi diam mengenai hal ini?” tanya pengguna lain. "Teroris Israel telah menantang kehormatan Anda. Menginjak bendera adalah tindakan tercela."

(Sumber: MEE)
Baca juga :