Keutamaan Memelihara Ayam: Ayam Hewan Yang Paling Dibenci Iblis

KEUTAMAAN MEMELIHARA AYAM

1. MENJAGA RUMAH KITA dan RUMAH TETANGGA KITA DARI IBLIS

عن أنس عن النبي صلى الله عليه وسلم:((الديك الأفرق الأبيض صديقي وصديق صديقي جبريل وعدوعدوي وعدو الله إبليس يحرس دار صاحبه وست عشرة دارا من جيرانه أربعا عن اليمين وأربعا عن الشمال وأربعا من قدام وأربعا من خلف)).

Diriwayatkan dari sahabat Anas dari Rasulullah SAW: "Ayam jantan yang berwarna putih itu teman saya dan temannya teman saya jibril. Dan musuhnya musuh saya dan musuh Allah yaitu iblis. Dan (ayam) tersebut akan menjaga rumah pemiliknya. Dan enam belas rumah tetangganya. Yakni empat rumah dari arah kanan, empat rumah dari arah kiri, empat rumah dari depan, empat rumah dari belakang".

2. MENOLAK SIHIR

إتخذوا الديك الأبيض فإن كل دار فيها الديك الأبيض لا يقربها شيطان ولا ساحر ولا الدويرات حولها

Rasulullah bersabda: "Ambillah ayam yang berwarna putih. Karena setiap ayam yang berwarna putih itu setan dan sihir tidak akan mendekat, dan kotoran disekitarnya".

3. HEWAN YANG PALING DIBENCI IBLIS

قال إبن عباس: أبغض الطيور إلى إبلس الديك وأحبها الطاووس

Ibnu Abbas mengakatakan: "Burung yang paling dibenci oleh iblis adalah ayam, dan hewan yang paling di sukai oleh iblis adalah burung merak".

4. LEBIH UTAMA DARI EMAS DAN PERAK

لت تسبوا الديك فإنه صديقي وأنا صديكه وعدوه عدوي والذي نفسي بيده لو يعلم بنو أدم مافي قربه لاشتروا لحمه وريشه بالذهب والفضة فإنه يطرد مدى صوته من الجن

"Janganlah engkau mencaci ayam. Karena ayam tersebut adalah temanku, dan saya adalah temannya. Dan yang membenci ayam berarti dia membenciku pula. Seandainya anak adam (manusia) tahu keistimewaan yang ada pada ayam, niscaya mereka tidak akan menjual daging dan bulunya dengan emas dan perak. Sesungguhnya suara ayam tersebut menakut-nakuti jin".

5. DAPAT MENGHAPUS DOSA SELAMA 40 TAHUN

من قال عند صياح الديك لاإله إلاالله الحيّ القيوم خمس مرات غفر الله له ذنوب أربعين سنة

"Barang siapa yang membaca " لااله الاالله الحي القيوم" sebanyak lima kali ketika ayam berkokok. Maka Allah akan menghapus dosanya selama 40 tahun".

Mungkin banyak dari kalangan kita yang tidak tahu terhadap keistimewaan-keistimewaan yang ada pada ayam tersebut. Tapi semoga dengan adanya penjelasan di atas kita lebih menyayangi hewan yang lain.

Baca juga :