Ini Respons Kubu Anies Terkait Keputusan PKS Usung Sohibul Iman

[PORTAL-ISLAM.ID] Kubu bakal calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Anies Baswedan, buka suara ihwal keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) yang mengusung eks Presiden PKS, yaitu Muhammad Sohibul Iman menjadi calon Gubernur Jakarta di pilkada mendatang.

Juru bicara Anies Baswedan, Billy David Nerotumilena, mengatakan Anies menghormati dan menghargai proses internal yang diputuskan PKS mengenai pengusungan Sohibul Iman. Ia yakin keputusan ini berdampak positif bagi kedua belah pihak.

"Kami optimistis PKS dan Pak Anies akan tetap berjalan bersama-sama. Kami percaya, semua kesempatan masih terbuka," kata Billy kepada Tempo, Senin 24 Juni 2024.

Kesempatan yang dimaksud Billy ialah ihwal peluang koalisi antara PKS dengan partai pengusung Anies di pilkada Jakarta kali ini. Apalagi, Anies dan PKS memiliki rekam jejak politik yang sejalan, misalnya pada pilkada Jakarta 2017 silam dan pilpres 2024.

"Keputusan ini menjadi penguat hubungan PKS dan Pak Anies untuk berjalan lebih intens lagi," ujar Billy.

Dihubungi terpisah, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mengatakan keputusan PKS mengusung Sohibul Iman tidak mengartikan adanya keretakan pada hubungan dengan Anies maupun partai di Koalisi Perubahan. "Hubungan dan komunikasi masih kami jaga baik dan berjalan harmonis sampai hari ini," kata Mardani kepada Tempo, Senin, 24 Juni 2024.

Mardani menjelaskan, meski dinobatkan sebagai partai pemenang di bekas wilayah Ibu Kota pada Pemilu lalu, PKS tetap tidak bisa mengusung kadernya sendirian. Pembentukan koalisi dengan partai lain mesti dilakukan untuk memperoleh tiket berlaga di pilkada Jakarta mendatang.

Sehingga, Mardani mengatakan PKS terus membuka komunikasi dan jajak pendapat dalam rangka menyandingkan Sohibul Iman dengan figur yang bakal diusung partai lain. Bahkan, PKS juga membuka peluang untuk merubah peta pencalonan untuk memperbesar kans kemenangan.

"Soal jadi Gubernur atau Wakil, DPP akan ambil keputusan terbaik," ujarnya.

PKS Beri Opsi ke Anies di Pilkada Jakarta: Jadi Kader atau Wakilnya dari PKS

Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal mengatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) telah mengusulkan nama Sohibul Iman sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Namun, Iqbal memberikan dua opsi bagi Anies Baswedan jika ingin diusung oleh partai pemenang pileg di Provinsi Jakarta ini.

"PKS memberi pilihan ke Anies, masuk menjadi kader atau wakilnya dari PKS," kata Iqbal dikonfimasi, Senin (24/6/2024).

Iqbal menyebut PKS siap untuk mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro Partai, Sohibul Iman, menjadi pasangan Anies Baswedan. Hal itu akan menjadi bahan pertimbangan.

"Sohibul Iman siap dipasangkan dengan Anies," ucapnya.

Di sisi lain, Iqbal menyampaikan PKS tak bisa mengusung paslon gubernur dan wagub Jakarta sendiri sehingga perlu berkoalisi dengan parpol lain. Karena itu, jika Anies mendapatkan dukungan parpol maka Sohibul pun siap menjadi cawagubnya.

"Karena PKS nggak bisa mengusung sendiri, kurang 4 kursi. Saat ini PKS memiliki 18 kursi, sementara untuk maju (harus) 22 kursi," terangnya.

"Kalau Pak Anies nggak berkenan maju Sohibul Iman disiapkan sebagai calon gubernur, kalau Anies dapat dukungan partai dan maju, Sohibul iman siap jadi calon wakil Gubernur," sambungnya.

(Sumber: TEMPO)
Baca juga :