Di Swedia Kebocoran Data Menterinya Mundur, Di Wakanda Disuruh Mundur Malah Tuding Kubu Lawan Pilpres

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pada tahun 2017, dua menteri senior Swedia, Anders Ygeman (Menteri Dalam Negeri) dan Anna Johansson (Menteri Infrastruktur), mengundurkan diri setelah terungkapnya kebocoran data besar-besaran di Badan Transportasi Swedia. 

Kebocoran ini melibatkan data sensitif seperti rekam izin mengemudi dan informasi rahasia militer yang bocor ke kontraktor asing. Insiden ini memicu krisis politik yang signifikan di Swedia dan menyoroti pentingnya keamanan data dalam administrasi publik.

Negara Eropa lainnya pada Agustus 2023, Adam Niedzielski, Menteri Kesehatan Polandia, mengundurkan diri setelah ia mengungkapkan data medis sensitif seorang dokter di media sosial. 

Hal ini menyebabkan hilangnya kepercayaan dari komunitas medis dan kritik keras dari berbagai pihak. Niedzielski akhirnya digantikan oleh Katarzyna Sojka, seorang dokter dan anggota parlemen.

Di Wakanda, kebocoran Pusat Nasional Data, publik menuntut Menteri Kominfo mengundurkan diri. Tapi malah yang disalahin kubu Lawan Pilpres.
Baca juga :