Bukan Anies, PKS Resmi Usung Sohibul Iman Sebagai Calon Gubernur Jakarta, Cair Bos?

PKS Resmi Usung Sohibul Iman Sebagai Calon Gubernur Jakarta

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan mereka mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta di Pilgub Jakarta pada November mendatang.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri, mengatakan dewan pemimpin partai (DPP) telah sepakat mengajukan Sohibul Iman.

"Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta," ujar Mabruri dalam rilis resmi, Minggu (23/6/2024).

Dia lalu berujar, "Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS."

Mabruri menjelaskan Sohibul Iman mempunyai integritas dan kapasitas yang mumpuni.

Lebih lanjut, dia menyebut PKS di bawah pimpinan Sohibul memiliki peningkatan suara dan kursi secara signifikan di parlemen. Dari 40 kursi di 2014, menjadi 50 kursi di periode pemilu selanjutnya.

Di Pemilu 2014, PKS meraih suara sekitar 8,46 juta suara atau 6,77 persen. Kemudian di kontestasi politik selanjutnya, partai ini mengantongi 11,49 juta suara atau 8,21 persen.

"Artinya, beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik," imbuh Mabruri.

"Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang andal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan," ujar Mabruri.

Keputusan DPP PKS ini berbeda dengan usulan DPW PKS DKI Jakarta yang sebelumnya mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga :