Drone Turki 'Akinci' Memainkan Peran Penting dalam Menemukan Puing-puing Helikopter Presiden Iran

[PORTAL-ISLAM.ID]  Drone Turki bernama 'Akinci' telah muncul sebagai pemain penting dalam mengidentifikasi puing-puing helikopter yang membawa Presiden Iran, Ibrahim Raisi, dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian.

UAV AKINCI Turki memainkan peran penting dalam mengidentifikasi puing-puing helikopter Presiden Iran Raisi.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, operasi pencarian dan penyelamatan disiarkan langsung melalui kamera UAV, menarik lebih dari 5 juta penonton.

Meskipun kondisi cuaca buruk memaksa pesawat SAR lainnya untuk mendarat, UAV Bayraktar AKINCI berhasil menyelesaikan misinya dan kembali dengan selamat ke pangkalannya di Türkiye.

Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir Hossein Kolivand, membenarkan bahwa 73 tim ikut serta dalam operasi penyelamatan. Drone Turki, Akinci, memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dua titik rawan di mana kemungkinan besar kecelakaan helikopter terjadi.

Kendaraan Udara Tak Berawak Berketahanan Panjang Ketinggian Tinggi Turki, 'Akinci,' memfasilitasi penentuan lokasi kecelakaan, dibantu oleh kemampuan pencitraan termal karena suhu tinggi di daerah tersebut.

Drone Akinci, yang diproduksi oleh Baykar Angkatan Pertahanan Turki, pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2021 dan diintegrasikan ke dalam Angkatan Bersenjata Turki. Ia dilengkapi dengan dua mesin turbo-prop mulai dari 450 hingga 750 tenaga kuda, bersama dengan dukungan sistem elektronik dan ECM.

Menampilkan sistem komunikasi satelit ganda, radar udara-ke-udara, radar penghindar tabrakan, dan radar aperture sintetis canggih, drone Akinci menampilkan serangkaian teknologi canggih.

Setelah menemukan puing-puing helikopter Presiden Iran Raisi yang jatuh, UAV Bayraktar AKINCI Turki kembali ke homebase di Turki dan menggambar bintang dan bulan sabit (lambang bendera Turki ).

[VIDEO]
Baca juga :