Proyek asal asalan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Belum satu tahun diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sudah longsor pada Rabu malam, 3 April 2024. Diketahui, Jokowi meresmikan ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini pada 4 Agustus 2023.

Ketika itu Jokowi mengatakan diresmikannya Tol Bocimi Seksi 2 adalah kado Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 bagi Sukabumi dan Jawa Barat.

Namun sayang, belum lama dinikmati masyarakat, Tol Bocimi Seksi 2 saat ini ditutup total untuk kendaraan akibat longsor di KM 64 pada Rabu malam, 3 April 2024. Penutupan dilakukan mulai pintu masuk/keluar tol di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Titik longsor berada di Kampung Sikup, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Longsor terjadi pada bagian badan jalan, sekitar ujung jembatan Tol Bocimi Seksi 2. Area longsor terlihat cukup luas dengan kemiringan tebing hampir 90 derajat.

Proyek Asal-Asalan

Pemerintah menyebut kejadian ini bukan salah proyek yang digarap oleh Waskita ini, tapi karena faktor alam.

Namun dalih pemerintah dipatahkan netizen.

"Kalau diliat bukan karena bencana, tapi sepertinya pemadatannya tdk teruji tdk mengantisipasi ketika datang kemarau panjang dan tiba-tiba musim hujan yg pastinya tanah biasanya keropos," ujar akun twitter @JN_JabalNur.

"harusnya design jembatanya pakai wigwall atau ga retaining wall untuk penahan tanah," komen akun @EtSaturnuseeme.

👇👇
Baca juga :