PKB mengeluarkan amunisi terbaiknya untuk merebut kursi Gubernur Jateng, Ini sosok Calon Gubernur Jateng dari PKB

PKB Bakal Ajukan Gus Yusuf di Pilkada Jawa Tengah 2024

PKB mengeluarkan amunisi terbaiknya untuk dapat merebut kursi gubernur Jateng dari PDIP. Gus Yusuf adalah pimpinan Ponpes API Tegalrejo (salah satu ponpes terbesar di Magelang), anak dari kyai karismatik, dan memiliki relasi serta koneksi yang luas di dalam lingkaran kyai-kyai PBNU.

Gus Yusuf saat ini menjabat Ketua DPW PKB Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yanuar Prihatin, menyebut, KH. Yusuf Chudlory alias Gus Yusuf bakal diusung dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024. 

Dia menyebut, PKB sangat yakin Gus Yusuf akan mudah diterima dan didukung oleh para pemilih di Jawa Tengah.

Yanuar menilai, Ketua DPW PKB Jawa Tengah itu merupakan salah satu kader terbaik PKB yang layak untuk memimpin Provinsi Jawa Tengah lima tahun ke depan. 

Secara personal, menurut Yanuar, Gus Yusuf adalah figur yang cukup dikenal masyarakat luas di Jawa Tengah, khususnya di kalangan nahdliyin. Gus Yusuf juga dinilai memiliki jaringan yang luas, tak hanya terbatas di wilayah santri.

"Sehingga relatif mudah bisa diterima oleh berbagai kelompok, golongan dan status sosial manapun," ucap Yanuar saat dihubungi Tempo pada Kamis, 11 April 2024.

Yanuar mengatakan, di provinsi Jawa Tengah, PKB adalah pemenang kedua Pileg 2024. Karena itu, PKB yakin partai lain bisa menerima Gus Yusuf sebagai calon gubernur. 

Dia memastikan, komunikasi politik masih terus dilakukan dengan partai-partai untuk mencapai kesepahaman. PKB terbuka dengan semua partai termasuk Golkar dan Gerindra yang meraih urutan ketiga di Pileg Jawa Tengah.

"Pada waktunya pasti akan diumumkan mitra koalisi PKB untuk pilkada Jateng 2024. PKB sangat terbuka dengan partai politik lainnya. Semuanya masih sangat mungkin untuk berkoalisi," kata dia.

Selain Gus Yusuf, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, juga dikabarkan akan maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jawa Tengah 2024.

Dia mengaku belum mendapat arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju sebagai calon gubernur Jateng. “Tapi kau kayak enggak paham, di PDI Perjuangan kan dikau paham. Itu semua arahan dan ada waktunya beliau (Megawati) keluarkan instruksi," ujar Pacul ketika ditemui di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

Baca juga :