Menjawab salam tidak selalu wajib kok...
قال بعض العلماء :
1. ردُّ السلامِ واجبٌ إلا على... مَن في صلاةٍ أو بأكلٍ شُغِلا
2. أو شربٍ او قراءةٍ أو أدعِيهْ.... أو ذكرٍ او في خطبةٍ أو تَلبِيهْ
3. أو في قضاءِ حاجةِ الإنسانِ ... أو في إقامةٍ أو الأذانِ
4. أو سلَّم الطفلُ أو السَّكرانُ... أو شَبَّةٌ يُخشى بها افتِتَانُ
5. أو فاسقٌ أو ناعِسٌ أو نائمُ....أو حالةَ الجِماع أو محاكَمُ
6. أو كان في الحمّامِ أو مجنونا... هي اثنتانِ بعدها عشرونا.
Tidak diwajibkan menjawab salam dalam 22 keadaan :
1. Sedang dalam keadaan shalat.
2. Sedang mengunyah makanan.
3. Sedang meneguk minuman.
4. Sedang khusyu membaca dan mentadabburi makna al Qur'an
5. Ketika khusyu' berdo'a
6. Ketika khusyu' dzikir
7. Saat mendengarkan khutbah jum'at. (muktamad tetap wajib).
8. Sedang talbiyah.
9. Sedang qodho hajat.
10. Sedang mengumandangkan iqomah.
11. Sedang mengumandangkan adzan.
12. Ketika yang memberi salam anak kecil yang belum tamyiz.
13. Ketika yang memberi salam orang mabuk (yang sudah tak sadar).
14. Ketika yang memberi salam wanita non mahrom.
15. Salam dari sekelompok wanita kepada laki-laki, atau sekelompok laki-laki kepada wanita (ketika tidak takut terjadi fitnah).
16. Ketika yang memberi salam orang fasik yang belum taubat.
17. Ketika yang memberi salam orang yang sedang ngantuk.
18. Ketika yang memberi salam orang yang sedang tidur (ngigo/ngelindur).
19. Ketika sedang dalam keadaan bersetubuh.
20. Sedang di hadapan qodhi.
21. Sedang berada di kamar mandi.
22. Dalam keadaan gila.
- Imam Jalaluddin Suyuthi juga mempunyai nadzam yang hampir mirip dengan nadzam diatas, beliau menyebutkan 20 keadaan yang tidak diwajibkan menjawab salam.
Faidah dari Syaikhina Maulana Syaikh Abdul Aziz as Syahawi -hafidzahullah- ketika ngaji kitab Al Adzkar Imam Nawawi, adapun hukum-hukum menjawab salam dalam keadaan diatas bervariasi, perinciannya terdapat dalam kitab Al Futuhat Arrobbaniyah Ala Al Adzkar An Nawawiyyah karya Imam Ibnu Allan rahimahullah.
والله أعلم بالصواب
(Ustadz Ade Rizal Kuncoro)