Kepada IMAM SHOLAT IDUL FITRI

Kepada
IMAM SHOLAT IDUL FITRI

1. Takbiratul Ihram

2. Baca doa iftitah dulu (sebelum takbir 7x)
Selain memang disunnahkan, juga memberi kesempatan kepada makmum untuk persiapan niat dan takbiratul ihram, sehingga makmum tidak tertinggal.

3. Takbir 7 kali
Setiap satu kali takbir, baca Subhanaallah Walhamdulillaah wa Laailaaha Illa Allahu Allahu Akbar, baru takbir selanjutnya.

4. Taawud

5. Alfatihah, dan seterusnya.

إِنَّ طُولَ صَلَاةِ الرَّجُلِ وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ مِنْ فِقْهِهِ فَأَطِيلُوا الصَّلَاةَ ، وَاقْصُرُوا الْخُطْبَةَ. (رواه مسلم  869 ) .

"Panjangnya sholat dan ringkasnya khutbah adalah tanda kefaqihan/kealiman seseorang. Perpanjanglah sholat dan ringkaskanlah khutbah." (HR. Muslim)

6. Jika terlupa, takbir 7x dan 5x tidak perlu diulang dan tidak perlu sujud sahwi.

------------

Untuk
MAKMUM IDUL FITRI

1. Bahwa takbir tujuh kali hukumnya sunnah. Jika imam lupa, tidak perlu diingatkan. Biarkan saja dan sholat idul fitri tetap saaaah.

2. Ketika terlanjur baca Al Fatihah maka menjadi tidak disunnahkan baca takbir 7 kali. Imam tidak dibenarkan memotong Alfatihah untuk mengulang takbir.

3. Jangan karena imam lupa baca takbir 5x di rakaat kedua, kemudian makmum ribut, meng-ghibah, apalagi meminta imam mengulangi sholat. Pernah kejadian ribut seperti itu di masjid sebelah.

(Ustadz Najih Ibn Abdil Hameed)

Baca juga :