Gila rakusnya luar biasa! TERNYATA 7x LUAS DKI

[PORTAL-ISLAM.ID]  TERNYATA KORUPSI 271 T BUMN PT TIMAH LEBIH BESAR DARI YANG DIPERKIRAKAN....

Rasanya angka kerugian negara dan lingkungan sebesar 270T terlalu kecil ketika melihat besar hutan tropis Bangka Belitung yang hilang sepanjang ENAM th: 460rb hektar, atau 7x LUAS DKI. 

Gila rakusnya luar biasa.

👇👇

Pakar lingkungan Bambang Hero Saharjo mengatakan dirinya pernah diminta Kejaksaan Agung mengkaji kerugian akibat aktivitas tambang timah ilegal di Bangka Belitung. Ia turut menggandeng koleganya di Institute Pertanian Bogor (IPB) guru besar Ilmu Ekologi Hutan, Basuki Haris. 

Keduanya menganalisis kerugian negara dan ekologis akibat penambangan ilegal melalui citra satelit sepanjang 2015-2022. Mereka juga menggelar pemeriksaan lapangan. 

“Kami terkejut ada ratusan perusahaan  yang beroperasi di balik kasus ini,” kata dia dikutip Majalah Tempo edisi 11-17 Maret 2023. 

Tak hanya itu, dalam laporan Majalah Tempo juga disebut dampak tambang ilegal itu juga berdampak ke kerugian ekologis lain. 

Misalnya, hutan tropis seluas 460 ribu hektar hilang karena pertambangan dan perkebunan di Banga Belitung periode 2018-2023. 

Hingga 2018, total lubang yang terbentuk akibat tambang sebanyak 12.607 dengan luas dengan luas 15 juta hektare. 

PT Timah merupakan perusahaan yang memiliki ratusan ribu luas wilayah konsesi di kawasan Bangka Belitung. 

Di Pulau Bangka dan Pulau Belitung, PT Timah memiliki 288.716 hektare luas wilayah konsesi, sementara di perairan Pulau Bangka dan Kondur, Riau, memiliki 184.672 hektare. 

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti skandal korupsi di kawasan IUP  PT Timah Tbk yang merugikan negara hingga triliunan rupiah. ICW menyebut dalam korupsi pertambangan jamak terlibat sejumlah kementerian dan pejabat pemerintah di daerah. 

(Selengkapnya 👉  TEMPO)
Baca juga :